Drone Spraying Jadi Keuntungan Persawahan, Hasil Tani, dan Petani

Drone spraying adalah cara pertanian yang mengadaptasi drone sebagai alat utama untuk kegiatan pertanian. Sebagai salah satu teknologi agrikultur terkini, pemanfaatannya bisa diandalkan untuk penyemprotan pupuk, pestisida, sampai pengawasan lahan tani. Jumlah penggunanya semakin bertambah yang telah merasakan manfaat drone spraying di Indonesia. 

Salah satu daerahnya yakni di Kabupaten Pinrang di Provinsi Sulawesi Selatan, dimana sebagian masyarakatnya bekerja sebagai petani. Bahkan luas lahannya sendiri mencapai 51 ribu hektar. 

Pada dasarnya, penggunaan pesawat nirawak multirotor haruslah dibuat fleksibel saat dioperasikan. Manfaat drone spraying nantinya harus dirancang berdasarkan kebutuhan para petani terlebih dahulu. 

Sebelumnya, para petani di daerah Kabupaten Pinrang sendiri merasakan kurang optimalnya menggunakan cara manual. Aktivitas penyemprotan pestisida untuk 1-2 hektar lahan padi selalu tidak merata karena waktu dan tenaga. Sehingga tenaga petani terkuras dan akhirnya tidak optimal. 

Petani tentu ingin hasil tani yang maksimal, namun tenaganya yang terbatas. Petani perlu istirahat disela-sela waktu penyemprotan pestisida, lalu melanjutkan penyemprotan kembali. Singkatnya, perhatian padi yang perlu cepat dan tepat jadi tidak bisa terpenuhi.

Berdasarkan hasil pengujian, manfaat drone spraying bisa menambah hasil yang lebih produktif. Penyemprotan pestisida dengan cara manual menghabiskan waktu 6 – 12 jam oleh 1 orang operator untuk lahan 1 hektar. Ketika menggunakan drone spraying jadi menghabiskan waktu 20 menit saja, efisiensi waktu 100%. 

Selain itu, Drone spraying diterbangkan sambil membawa tangki kapasitas 20 liter atau 20 kilogram. Ditambah juga adanya nosel penyemprot yang beroperasi ketika terbang. Teknologi agrikultur ini bahkan bisa dirancang mengikuti kapasitas dan muatan yang diinginkan. 

Pilot bisa mengendalikan drone sekaligus mengatur penyemprotan pestisida. Bahkan banyaknya volume yang disemprotkan bisa disesuaikan sehingga tanaman bisa mendapat jumlah nutrisi yang sesuai. Dengan kemampuan penyemprotan 6 liter permenit yang diatur dari dari ketebalan pengabutan dan nosel. 

Bagaimana dengan jangkauan terbang? Untungnya transmitter bisa membawa drone sejauh 500 meter. Bahkan jangkauan menjadi tidak terbatas ketika menggunakan perangkat tambahan seperti ground station. Sangat cocok digunakan jika koperasi pertanian memiliki satu unit untuk digunakan bersama.

Sedangkan untuk proses penyemprotannya pestisida, manfaat drone spraying akan maksimal setelah 2 kali terbang. Terdapat juga proses pemupukkan yang bisa mencapai 40 liter. 

Secara keseluruhan penyemprotan pestisida cara manual punya kapasitas kerja 10 liter/jam. Berbeda dengan menggunakan drone bisa sebanyak 160 liter / jam. 

Manfaat drone spraying bukan cuma memberi hasil pada pertaniannya, tetapi memberi dampak positif ke petaninya juga. Resiko kesehatan dari cairan kimia pestisida selalu mempengaruhi petani.

Proses penyemprotan pestisida dan pupuk yang dilakukan terus menerus sehingga berdampak pada kesehatan. Apalagi beban tabung penyemprot sangatlah berat dan dibawa selama seharian. Resiko kesehatan semakin tinggi karena kurangnya optimalnya alat keselamatan kerja untuk mencegah kontaminasi ke tubuh petani. 

Jalan pertanian indonesia pun telah menyambut teknologi dan akan mengarah ke masifnya teknologi agrikultur. Sehingga drone spraying adalah langkah yang baru untuk mendapat hasil yang maksimal. Semoga drone spraying indonesia jadi bagian terwujudnya smart city.

Agar terwujud, perlu adanya pelatihan dan pendampingan petani berkelanjutan pada teknologi ini. Kolaborasi petani dengan teknologi drone perlu disesuaikan dengan tantangan lahan tani. Sehingga manfaat yang diberikan bisa sesuai dengan yang dibutuhkan. 

Drone spraying indonesia memang masih dibilang masih sedikit, namun jumlahnya selalu bertambah. Fungsinya bukan cuma untuk persawahan tapi bisa digunakan untuk lahan kebun perusahaan yang luasnya mencapai ratusan hektar. 

Referensi: Jurnal

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Open chat
Halo, ada yang bisa kami bantu?