Terra Topo

Terra Topo menggabungkan Teknologi Drone untuk keperluan pemetaan dan keahlian survei dan pengolahan data untuk menghasilkan informasi yang akurat dan detail dengan 

Mengapa menggunakan Terra TOPO?

Survei topografi adalah teknik pemetaan yang memperkirakan fitur alam dan buatan dari sebuah area. Ini digunakan untuk membuat peta rinci dari tanah, termasuk elevasi, lereng, dan kontur. Dalam beberapa tahun terakhir, drone telah menjadi alat yang semakin populer untuk melakukan survei topografi karena kemampuan mereka untuk dengan cepat dan akurat menangkap banyak data dari sudut pandang burung.

Ada beberapa manfaat menggunakan drone untuk survey topografi. Salah satu keuntungan utama adalah kemampuan mereka untuk mencakup area yang luas dalam waktu yang singkat. Drone dapat dengan cepat terbang di atas lokasi dan menangkap gambar dan data yang tinggi resolusi, yang kemudian dapat digunakan untuk membuat peta rinci dari area tersebut. Ini terutama berguna untuk mengukur lokasi yang besar atau sulit diakses, seperti daerah berbukit atau terjal.

Manfaat lain dari menggunakan drone untuk survei topografi adalah dari sisi akurasi. Drone modern dilengkapi dengan sensor dan kamera yang canggih yang dapat dengan akurat mengukur elevasi dan kontur tanah. Ini memungkinkan pemetaan yang lebih tepat dan akurat dari lokasi, yang berguna khususnya untuk proyek pengembangan tanah dan konstruksi.

Drone sudah semakin banyak digunakan untuk survei topografi, terbukti dari beberapa studi kasus yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan konstruksi seperti Wijaya Karya dan Brantas Energi, dan juga pertambangan seperti Adaro & Arutmin.

Varian Produk
Terra Topo

Construction LiDAR

Survei LiDAR

Survei lidar adalah teknik pemetaan yang menggunakan laser untuk mengukur jarak ke permukaan bumi dengan akurasi tinggi. Hasilnya dapat digunakan untuk membuat peta elevasi rinci dari suatu area.

fotogrametri photogrammetry temporal comparison mapping

Survei Fotogrametri

Survei fotogrametri adalah teknik pemetaan menggunakan foto udara untuk membuat peta dengan software khusus. Foto dari udara dapat diambil dengan pesawat atau drone. Hasilnya menunjukkan fitur permukaan bumi seperti tanah, air, dan bangunan.

Satu Solusi untuk berbagai Sektor

Solusi drone dapat menjadi sangat kompleks. Kami menyederhanakan solusi kami sesuai dengan teknologi paling terbaru dan kebutuhan perusahaan Anda

Pertambangan

Digunakan untuk membuat peta elevasi dari suatu area yang akan ditambang. Peta ini dapat membantu dalam menentukan lokasi tambang yang tepat, serta memprediksi aliran air di sekitar tambang dan menentukan tingkat kerentanan terhadap banjir. Drone juga dapat digunakan untuk mengambil foto udara dari tambang yang sedang beroperasi, sehingga dapat membantu dalam mengelola dan memantau tambang secara efektif.

drone konstruksi

Konstruksi & Infrastruktur

Digunakan untuk membuat peta elevasi dari suatu area yang akan dibangun. Peta ini dapat membantu dalam menentukan tata letak jalan, bangunan, dan fasilitas lainnya, serta memprediksi aliran air di sekitar area konstruksi dan menentukan tingkat kerentanan terhadap banjir. Drone juga dapat digunakan untuk mengambil foto udara dari proyek konstruksi yang sedang berlangsung, sehingga dapat membantu dalam memantau dan mengelola proyek secara efektif.

Energi, Oil & Gas

Digunakan untuk membuat peta elevasi dari suatu area yang akan dibor. Peta ini dapat membantu dalam menentukan lokasi pengeboran yang tepat, serta memprediksi aliran air di sekitar lokasi pengeboran dan menentukan tingkat kerentanan terhadap banjir. Drone juga dapat digunakan untuk mengambil foto udara dari lokasi pengeboran yang sedang berlangsung, sehingga dapat membantu dalam memantau dan mengelola proyek secara efektif.

Perkebunan

Survei topografi dengan drone dapat digunakan untuk membuat peta elevasi dari suatu area perkebunan. Peta ini dapat membantu dalam menentukan tata letak tanaman, serta memprediksi aliran air di sekitar area perkebunan dan menentukan tingkat kerentanan terhadap banjir. Drone juga dapat digunakan untuk mengambil foto udara dari perkebunan yang sedang berlangsung, sehingga dapat membantu dalam memantau dan mengelola perkebunan secara efektif.

Pertanahan & Perencanaan Kota

Survei topografi dengan drone dapat digunakan untuk membuat peta elevasi dari suatu area pertanahan. Peta ini dapat membantu dalam menentukan tata letak jalan, bangunan, dan fasilitas lainnya, serta memprediksi aliran air di sekitar area pertanahan dan menentukan tingkat kerentanan terhadap banjir. Drone juga dapat digunakan untuk mengambil foto udara dari area pertanahan yang sedang dikembangkan, sehingga dapat membantu dalam memantau dan mengelola pertanahan secara efektif.

FAQ

Drone untuk survei topografi adalah drone yang digunakan untuk mengambil foto udara atau data lidar dari suatu area, kemudian diproses menggunakan software khusus untuk membuat peta elevasi, peta fitur, atau model 3D dari permukaan bumi. Drone ini dapat digunakan untuk membantu dalam perencanaan kota, pengembangan tanah, dan konstruksi, serta memantau perubahan di permukaan bumi selama waktu yang panjang.

Drone untuk survei topografi beroperasi dengan cara terbang di atas suatu area yang akan disurvei, kemudian mengambil foto udara atau data lidar dari permukaan bumi. Foto udara atau data lidar tersebut kemudian diproses menggunakan software khusus untuk membuat peta elevasi, peta fitur, atau model 3D dari permukaan bumi.

Keuntungan menggunakan drone untuk survei topografi diantaranya:

  • Lebih cepat dan efisien dibandingkan dengan survei topografi manual
  • Hasil yang lebih akurat, karena data yang diperoleh dari drone lebih detail dan tepat
  • Tidak perlu memasuki area yang berbahaya atau sulit dijangkau
  • Dapat mengambil foto udara dari sudut pandang yang tidak mungkin diperoleh dengan cara lain, seperti dari atas bangunan tinggi atau dari dalam hutan
  • Dapat membantu dalam memantau perubahan di permukaan bumi secara real-time atau dari waktu ke waktu.

Keuntungan menggunakan drone untuk survei topografi diantaranya:

  • Harga yang masih cukup mahal, terutama jika dibandingkan dengan metode survei topografi manual
  • Dibutuhkan operator yang terlatih dan berpengalaman untuk mengoperasikan drone dengan benar
  • Dapat terganggu oleh cuaca buruk atau kondisi cuaca yang tidak memungkinkan
  • Dapat terganggu oleh objek di udara seperti puing-puing pesawat atau burung
  • Dapat terganggu oleh sistem keamanan penerbangan di suatu daerah.

Survei topografi dengan drone tidak sama dengan survei topografi manual. Survei topografi manual biasanya dilakukan dengan mengukur elevasi dan kontur tanah secara manual menggunakan peralatan seperti theodolite atau total station. Sedangkan survei topografi dengan drone dilakukan dengan mengambil foto udara atau data lidar dari suatu area menggunakan drone, kemudian diproses menggunakan software khusus untuk membuat peta elevasi, peta fitur, atau model 3D dari permukaan bumi.

Hasil survei topografi dengan drone tidak sama akuratnya dengan hasil survei topografi manual. Survei topografi dengan drone dapat memberikan hasil yang lebih akurat dan detail, karena data yang diperoleh dari drone lebih banyak dan tepat. Namun, hasil survei topografi dengan drone dapat terganggu oleh beberapa faktor seperti cuaca buruk, objek di udara, atau sistem keamanan penerbangan di suatu daerah. Sedangkan hasil survei topografi manual dapat terganggu oleh kesalahan pengukuran manual atau kondisi yang tidak memungkinkan untuk mengukur elevasi secara tepat.

Untuk memperoleh hasil survei topografi dengan drone yang akurat, diperlukan beberapa langkah seperti:

  • Menggunakan drone yang sesuai dengan kebutuhan survei, seperti drone dengan kamera yang tajam atau sensor lidar yang akurat
  • Mengoperasikan drone dengan benar, termasuk mengikuti aturan penerbangan yang berlaku di suatu daerah
  • Menggunakan software yang tepat untuk memproses data yang diperoleh dari drone, seperti software untuk membuat peta elevasi atau model 3D yang akurat
  • Memeriksa dan mengevaluasi hasil survei topografi dengan drone secara cermat, termasuk mengecek kembali data yang diperoleh dari drone dengan data survei topografi manual jika diperlukan.

Pelajari
Studi Kasus

Pelajari studi kasus dari berbagai project kami. Cari tahu bagaimana Anda dapat memaksimalkan pemanfaatan drone dan mendukung pengambilan keputusan Anda.

Plan. Fly.
Deliver.

Temukan solusi pemanfaatan drone paling tepat untuk perusahaan Anda. Kontak kami sekarang agar kami dapat membantu Anda.

Open chat
Halo, ada yang bisa kami bantu?