Terra Grid

Terra Grid memberikan solusi pemanfaatan teknologi drone untuk melakukan monitoring dan inspeksi pada sektor pembangkit listrik.

Mengapa menggunakan Terra GRID?

Drone dapat digunakan dalam berbagai cara untuk melakukan monitoring dan inspeksi pada sektor pembangkit listrik. Salah satunya adalah untuk melakukan monitoring jalur transmisi. Dengan menggunakan drone, operator dapat mengambil gambar dan video dari jalur transmisi yang akan diinspeksi dengan mudah dan cepat. Drone juga dapat mengambil data dari sensor yang terpasang seperti termometer, anemometer dan sensor kamera thermal. Hal ini memungkinkan operator untuk mendeteksi masalah seperti konsleting, arus lebih, dan masalah lainnya secara dini.

Selain itu, drone juga dapat digunakan untuk melakukan inspeksi pada tower transmisi. Dengan menggunakan drone, operator dapat mengambil gambar dan video dari tower transmisi dari berbagai sudut dan dengan resolusi tinggi. Hal ini memungkinkan operator untuk mendeteksi masalah seperti korosi, kerusakan, atau keausan pada tower transmisi dengan cepat dan efisien.

Drone juga dapat digunakan untuk melakukan inspeksi aset pembangkit listrik. Dengan menggunakan drone, operator dapat mengambil gambar dan video dari aset pembangkit listrik seperti generator, boiler, dan kondensor dari berbagai sudut dan dengan resolusi tinggi. Hal ini memungkinkan operator untuk mendeteksi masalah seperti korosi, kerusakan, atau keausan pada aset pembangkit listrik dengan cepat dan efisien.

Secara keseluruhan, penggunaan drone dalam melakukan monitoring dan inspeksi pada sektor pembangkit listrik dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas serta meminimalkan risiko kerja. Selain itu, penggunaan drone juga dapat mengurangi biaya inspeksi dan membuat proses inspeksi lebih aman dan mudah. Terra Grid memberikan solusi pemanfaatan teknologi drone untuk melakukan monitoring dan inspeksi pada sektor pembangkit listrik.

Varian Produk
Terra Topo

Powerline survey

Penggunaan drone untuk survei dan pemantauan jaringan listrik merupakan cara yang efisien dan efektif untuk mengumpulkan data jaringan listrik.

Tower inspection

Inspeksi visual menggunakan drone melibatkan penggunaan kamera yang dipasang pada drone untuk menangkap gambar atau video dari suatu aset.

Satu Solusi untuk berbagai Sektor

Solusi drone dapat menjadi sangat kompleks. Kami menyederhanakan solusi kami sesuai dengan teknologi paling terbaru dan kebutuhan perusahaan Anda
drone konstruksi

Transmisi & Pembangkit

Dalam sektor pembangkit listrik, drone dapat digunakan untuk menginspeksi pembangkit listrik, jaringan listrik, dan infrastruktur lainnya. Drone dapat mengambil gambar dari pembangkit listrik dari berbagai sudut, yang memungkinkan inspektur untuk mengevaluasi kondisi pembangkit listrik secara menyeluruh. Drones juga dapat digunakan untuk mengumpulkan data yang diperlukan untuk mengevaluasi kondisi aset dan mengidentifikasi masalah potensial sebelum menjadi lebih parah.

Pertambangan

Dalam sektor pertambangan, drone dapat digunakan untuk menginspeksi tambang, konsentrator, dan infrastruktur lainnya. Drones dapat mengambil gambar dari tambang dari berbagai sudut, yang memungkinkan inspektur untuk mengevaluasi kondisi tambang secara menyeluruh. Drones juga dapat digunakan untuk mengumpulkan data yang diperlukan untuk mengevaluasi kondisi aset dan mengidentifikasi masalah potensial sebelum menjadi lebih parah.

Energi, Oil & Gas

Dalam sektor minyak gas, drone dapat digunakan untuk menginspeksi tangki penyimpanan, pipa, dan infrastruktur lainnya. Dengan menggunakan drone, inspektur dapat mengakses area yang sulit dijangkau atau berbahaya untuk dijangkau oleh manusia, seperti tangki yang berada di atas tanah atau di dalam air. Drones juga dapat digunakan untuk mengumpulkan data yang diperlukan untuk mengevaluasi kondisi aset dan mengidentifikasi masalah potensial sebelum menjadi lebih parah.

FAQ

Inspeksi dan monitoring pada jalur transmisi listrik adalah proses pemeriksaan dan pemantauan kondisi jaringan transmisi listrik secara berkala untuk memastikan bahwa jaringan tersebut berfungsi dengan baik dan aman. Inspeksi dilakukan untuk menemukan masalah atau kerusakan pada jaringan, sementara monitoring digunakan untuk memantau kondisi jaringan secara terus-menerus dan mendeteksi masalah sebelum mereka menjadi lebih parah.

Drone digunakan untuk mengambil gambar dan video dari jaringan transmisi listrik dari berbagai sudut. Gambar ini kemudian dianalisis untuk menentukan kondisi jaringan, seperti kabel yang rusak atau kontak yang tidak kuat. Drone juga dapat digunakan untuk mengukur jarak antara pohon dan jaringan listrik, serta mengukur tinggi pohon untuk menentukan apakah pohon harus dipotong atau tidak sebelum menyebabkan masalah pada jaringan listrik.

  • Efisiensi dan efektifitas dalam mengumpulkan data jaringan listrik.
  • Kemampuan untuk mengambil gambar dan video dari sudut yang berbeda untuk melihat kondisi jaringan secara keseluruhan.
  • Kemampuan untuk mengevaluasi kondisi vegetasi di sekitar jaringan listrik dengan cepat dan efisien.
  • Kemampuan untuk mengukur jarak antara pohon dan jaringan listrik serta mengukur tinggi pohon.
  • Kemampuan untuk melakukan inspeksi visual jaringan listrik.
  • Kemampuan untuk mengambil gambar atau video dari jaringan listrik sebelum dan sesudah pemeliharaan.
  • Biaya yang cukup tinggi untuk pembelian dan pemeliharaan drone.
  • Keterbatasan dalam kondisi cuaca buruk atau kondisi cuaca yang tidak memungkinkan untuk penerbangan drone.
  • Keterbatasan dalam kapasitas baterai drone, sehingga waktu penerbangan terbatas.
  • Kebutuhan untuk operator yang berpengalaman dan kualifikasi khusus untuk mengoperasikan drone

Hasil survei dengan drone tidak sama akuratnya dengan hasil survei topografi manual. Survei dengan drone dapat memberikan hasil yang lebih akurat dan detail, karena data yang diperoleh dari drone lebih banyak dan tepat. Namun, hasil survei dan inspeksi dengan drone dapat terganggu oleh beberapa faktor seperti cuaca buruk, objek di udara, atau sistem keamanan penerbangan di suatu daerah. Sedangkan hasil survei topografi manual dapat terganggu oleh kesalahan pengukuran manual.

Untuk memperoleh hasil survei dengan drone yang akurat, diperlukan beberapa langkah seperti:

  • Menggunakan drone yang sesuai dengan kebutuhan survei, seperti drone dengan kamera yang tajam atau sensor lidar yang akurat
  • Mengoperasikan drone dengan benar, termasuk mengikuti aturan penerbangan yang berlaku di suatu daerah
  • Menggunakan software yang tepat untuk memproses data yang diperoleh dari drone, seperti software untuk membuat peta elevasi atau model 3D yang akurat
  • Memeriksa dan mengevaluasi hasil survei topografi dengan drone secara cermat, termasuk mengecek kembali data yang diperoleh dari drone dengan data survei topografi manual jika diperlukan.

Pelajari
Studi Kasus

Pelajari studi kasus dari berbagai project kami. Cari tahu bagaimana Anda dapat memaksimalkan pemanfaatan drone dan mendukung pengambilan keputusan Anda.

Plan. Fly.
Deliver.

Temukan solusi pemanfaatan drone paling tepat untuk perusahaan Anda. Kontak kami sekarang agar kami dapat membantu Anda.

Open chat
Halo, ada yang bisa kami bantu?