Drone Guna Meredam Kebakaran Hutan

Kebakaran hutan dan lahan gambut (Karhutla) menjadi fokus Indonesia dalam pencegahan bencana setiap tahunnya. Apalagi jumlah kasus meninggi setiap semester kedua setiap tahunnya. Banyak cara yang pemerintah miliki guna mengurangi titik api yang sulit terpantau. Misalnya seperti memaksimalkan fungsi satelit sampai drone untuk karhutla.

Penyebab utama munculnya titik api karena panasnya cuaca membuat lahan terbakar serta pembakaran liar.

Dampak dari karhutla menimbulkan penyakit pernafasan bagi warga sekitar, bahkan sampai ke negeri tetangga. Asap yang terhirup tidak terjadi selama satu hari saja, melainkan bisa sampai berminggu-minggu.

 

Kondisi Kebakaran Hutan

Indonesia pernah melalui kebakaran hutan terluasnya pada 2017-2018 dengan luas ratusan ribu hektar. Selang beberapa tahun, titik api di tahun 2020 berkurang menjadi sekitar 1000 titik saja. Lalu tahun 2021 menjadi hanya 684 titip api yang muncul. 

Seiring tahun, karhutla di Indonesia juga mengadaptasi teknologi baru agar pencegahan semakin maksimal. Mengingat munculnya api kerap sulit dipantau karena titik panas bisa kapan saja terjadi.

Sebenarnya kendala klasik yang merepotkan ialah keterbatasan mobilitas petugas ketika titik api muncul dan membesar. Sehingga petugas karhutla membutuhkan waktu lebih banyak untuk menembus lahan hutan lalu memadamkannya. 

Petugas lapangan kerap patroli melintasi lahan, hektar demi hektar lahan yang luas dan api tak terdeteksi jadi batasan para petugas. 

 

Kemampuan Drone untuk Cegah Karhutla

Penggunaan drone untuk karhutla jadi cara terbaru yang lazim digunakan. Pemanfaatannya semula menjadi andalan di luar negeri, sampai Indonesia mulai adaptasi pada beberapa tahun ke belakang. 

Jenis drone yang digunakan yakni multicopter yang leluasa terbang pada setiap titik api. Selain itu bisa mengangkut beban yang besar untuk banyak kebutuhan. Seperti drone sprayer, bisa menyemprotkan air berkat nozzle yang terpasang. 

Drone adalah terobosan pencegahan karhutla karena mobilitas dan komponen yang compatible. Mobilitasnya di udara lebih cepat untuk menjangkau titik api. Sedangkan komponennya bisa menyesuaikan kebutuhan seperti GPS dan penampung air. 

Sebagai pembanding, drone mampu menjangkau 1 hektar dalam 1 jam. Selagi terbang, pesawat nirawak ini bisa mengangkut penampung air sebanyak 15 liter atau beban 15 kilogram. 

 

Tentu drone untuk karhutla ini bukan saja bisa membawa penampung air saja. Ada juga kemampuan:

  1. Kamera 
  2. Sinyal transmisi
  3. Sensor Panas  
  4. GPS
  5. Sonar

 

Petugas bisa memanfaatkan drone kebakaran hutan ini untuk pencegahan maupun ketika memadamkan api. Untuk pencegahan, drone dengan sensor panasnya bisa mendeteksi lebih cepat dan lebih akurat ketika radar mendeteksi panas. Petugas lebih praktis mendapat data berkat sensor kamera, ketangguhan drone, dan sensor panas secara real time. 

Ketika kebakaran dan pasca kebakaran, drone dapat bisa mencapai titik api yang sulit terjangkau petugas. Penampung air serta kekuatan nozzle bisa menyemprotkan titik api tanpa terganggu angin maupun panas. 

Peta kebakaran hutan juga bisa mengandalkan drone. Mengandalkan kamera yang tersemat, bisa dimanfaatkan sebagai pemetaan drone. Hasilnya petugas bisa mendapat data peta terbaru lahan yang perlu dijaga. 

Sangat memudahkan petugas jika mendapat data lahan berupa model 3D / Orthophoto sebagai bagian pencegahan.

Drone bisa memberi peluang keberhasilan lebih tinggi lagi bersamaan sarana lain. Kombinasi kesiagaan petugas dengan teknologi berupa satelit dan mobilitas petugas. Tak lupa aplikasi Sipongi yang dibuat untuk pelaporan ketika timbul karhutla. 

Kebakaran hutan menjadi masalah tahunan yang perlu masyarakat tangani bersama. Kemajuan teknologi seperti drone jadi bagian pencegahan yang bisa diandalkan sebagai pengawas titik api dan pemadam api. 

 

Untuk pertanyaan seputar kebutuhan drone Anda, silahkan hubungi kami melalui:
Email: info@terra-drone.co.id
WhatsApp: +62 812-8895-0573

Untuk informasi lebih lanjut:
Website: https://terra-drone.co.id
Online Store: https://store.terra-drone.co.id
Learning Hub: https://academy.terra-drone.co.id

Follow Media Sosial kami:
Facebook: www.facebook.com/terradroneid/
Instagram: www.instagram.com/terradrone_id/
LinkedIn: www.linkedin.com/company/terradroneid
YouTube Channel: www.youtube.com/terradroneid

Open chat
Halo, ada yang bisa kami bantu?