Terra Drone Indonesia Bantu Pelaporan Wilayah Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) untuk PT Bukit Asam Tbk

Drone perhitungan pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP)

– Terra Drone Indonesia, perusahaan penyedia jasa dan teknologi drone industri, beberapa waktu lalu berhasil menyelesaikan akuisisi foto udara menggunakan drone untuk PT Bukit Asam Tbk. Pekerjaan tersebut dilakukan pada area seluas 37.000 Ha di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang didalamnya terdapat area Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH), di Unit Pertambangan Tanjung Enim (UPTE), Sumatra Selatan. Pekerjaan akuisisi foto udara menggunakan drone ini bertujuan untuk menghasilkan peta di wilayah IPPKH UPTE sekaligus memonitoring kondisi tambang, non tambang, sarana penunjang, serta pelaporan data tahunan sebagai dasar dalam perhitungan pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di wilayah IPPKH UPTE.

Dalam pekerjaan tersebut, drone yang digunakan berjenis fixed wing. Drone jenis tersebut dipilih karena keunggulan yang mampu terbang lama sehingga dapat menjangkau area yang sangat luas dalam sekali terbang. Selain itu penggunaan teknologi drone ini dipilih karena dapat melakukan akuisisi foto udara tanpa tertutup awan dan dengan hasil data yang akurat dan beresolusi tinggi.

Pelaporan Wilayah Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) memang harus dilakukan secara berkala. Penggunaan foto udara untuk identifikasi penggunaan kawasan hutan dapat mempersingkat kegiatan tersebut dibandingkan dengan cara konvensional yang dapat memakan waktu hingga berbulan-bulan.

Michael Wishnu Wardana selaku Managing Director Terra Drone Indonesia mengungkapkan “Terra Drone Indonesia pernah melakukan pekerjaan untuk perusahaan tambang besar di Indonesia, kedepannya bukan hanya pemanfaatan untuk pemetaan maupun pemantauan saja, namun kami memperkenalkan inovasi lain pemanfaatan drone di dunia tambang khususnya untuk kegiatan eksplorasi seperti topografi menggunakan LiDAR, survei aeromagnetik, hingga penggunaan drone Ground penetrating Radar (GPR).

Teknologi drone memiliki kelebihan dibanding teknologi konvensional lainnya seperti mudah digunakan, murah dan dapat bekerja untuk berbagai tujuan dalam sekali pengoperasian. Selain itu, data yang dihasilkan drone dapat membantu mengidentifikasi potensi risiko yang dapat meningkatkan keselamatan dan produktivitas pekerja. Kedepannya akan ada lebih banyak kegunaan serta lebih banyak variasi model drone yang tersedia untuk tujuan yang berbeda.

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Open chat
Halo, ada yang bisa kami bantu?