Tipe Drone Berdasarkan Bentuk Fisiknya

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Unmanned Aerial Vehicle (UAV) atau pada umumnya dikenal dengan Drone ataupun pesawat tanpa awak ini awalnya digunakan untuk memata-matai musuh, kemudian berkembang dan menjadi drone-drone yang kita kenal saat ini. Drone saat ini sedang sangat digemari dikalangan public, berdasarkan fisiknya, tipe drone dibedakan menjadi 2, yaitu Drone Multirotor dan Drone Fixed Wing. Drone Multirotor sendiri dibedakan berdasarkan jumlah motornya, pada umumnya drone ini memiliki motor dengan jumlah mulai dari 3 (Tricopter), 4 (Quadcopter), 6 (Hexacopter), 8 (Octocopter) dan lainnya.

Sedangkan untuk Tipe Drone Fixed-Wing berdasarkan cara Take-Off dan Landing dibedakan menjadi 2, yaitu Drone Fixed Wing standard dan drone Vertical Take-Off and Landing (VTOL) seperti yang ada pada Gambar dibawah ini. Drone Fixed-Wing sendiri saat Take-Off ada yang menggunakan pelontar (Catapult) atau dilemparkan menggunakan tangan (Hand Launch).

Tipe Drone Fixed-Wing pada umumnya memiliki durasi terbang yang lebih lama dibandingkan dengan drone multirotor, hal ini dikarenakan jumlah motor, power yang digunakan dan juga fungsinya itu sendiri. Drone multirotor dapat mengangkat beban lebih berat dibandingkan dengan drone Fixed-Wing karena jumlah motor pada drone multirotor lebih banyak. Pada saat ini drone multirotor sudah dikembangkan untuk membawa paket ke daerah-daerah yang sulit dijangkau contohnya untuk membawa obat-obatan atau membawa makanan dan barang untuk keadaan darurat ke daerah yang kena bencana alam atau yang sedang membutuhkan bantuan dan sebagainya. Gambar dibawah ini merupakan salah satu contoh drone yang didapat digunakan untuk membawa paket.

Dikarenakan semakin banyak yang menggunakan drone, regulasi pemerintah semakin ketat sehingga penggunaan drone dibatasi dan dibedakan berdasarkan zona, area dan fungsi drone itu sendiri. Bagi rekan-rekan pengguna drone, harap dipatuhi aturan yang berlaku demi terciptanya rasa aman bagi masyarakat umum, tidak saling bergesekan dengan kepentingan lain dan tidak merugikan orang lain. Apabila ingin belajar menggunakan drone, sebaiknya mengikuti kelompok-kelompok yang bergerak dibidang drone contohnya FASI atau APDI dan jangan bergerak sendiri. Selamat berkreasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TERRA DRONE INDONESIA
Terra Drone Indonesia is part of Terra Drone Group which focus on providing services to construction, mining, oil & gas, energy, and utilities industry.

JAKARTA OFFICE
CoHive 101 Floor 7 Unit 3,
Kawasan Mega Kuningan
DKI Jakarta 12950, Indonesia

Mail: info@terra-drone.co.id
Telp: +62812 6559 4857

BANDUNG OFFICE
Ruko Paskal Hyper Square B-18
Jl. Pasir Kaliki No. 25-27
Bandung 40181, Indonesia

Mail: info@terra-drone.co.id
Phone: +6222 860 60959