Terra Drone Inspectioneering Berhasil Lakukan Inspeksi Tangki Minyak Goreng Milik Bunge Ltd. Menggunakan Drone - Terra Drone Indonesia

Terra Drone Inspectioneering Berhasil Lakukan Inspeksi Tangki Minyak Goreng Milik Bunge Ltd. Menggunakan Drone

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Terra Inspectioneering, salah satu perusahaan grup Terra Drone, berhasil lakukan inspeksi tangki minyak goreng menggunakan drone yang dilengkapi teknologi ultrasonic test (UT) di terminal tangki milik perusahaan Bunge Limited, salah satu perusahaan makanan terkemuka di dunia. Terra Inspectioneering melakukan semua proses inspeksi tangki perusahaan Bunge yang terletak di Belanda menggunakan drone UT, yang dilengkapi dengan fungsi deteksi cacat pada tangki dengan teknologi ultrasonik. Kegiatan inspeksi menggunakan Drone UT dapat membantu inspektur menemukan potensi kerusakan pada tangki, dengan pengukuran anomali hingga akurasi milimeter. Drone tersebut mempermudah pekerjaan inspeksi baja tahan karat yang digunakan untuk penyimpanan minyak goreng, dengan tetap memenuhi standar pemeriksaan yang diberikan oleh The Engineering Equipment and Materials Users Association (EEMUA), badan keanggotaan internasional untuk pemilik dan operator aset tidak bergerak.   Gambar 3D tangki   Sebelumnya ada dua cara untuk memeriksa tangki secara manual, yakni dengan scaffolding dan rope access. Namun, tangki di Eropa memiliki suhu rata-rata rendah, serta dilapisi dengan insulasi di bagian luar sehingga hanya dapat di inspeksi dari dalam. Selain itu, karena tangki minyak goreng tidak memiliki balok pada langit-langit tangki untuk rope access, scaffolding adalah metode pemeriksaan yang sering dipilih. Kedua metode ini membutuhkan operator untuk melakukan pekerjaan berbahaya dengan berada di ketinggian, sehingga secara keselamatan kedua metode ini bukanlah metode yang dianggap paling aman.    Dengan memasukkan drone ke dalam tangki minyak goreng dan melakukan inspeksi UT pada dinding tangki, personel tidak perlu lagi bekerja di ketinggian sehingga mengurangi risiko kecelakaan kerja. Kegiatan inspeksi menggunakan drone UT secara signifikan dapat mengurangi biaya pemasangan scaffolding yang mahal dan menghemat waktu lebih dari 40 jam pada kegiatan inspeksi. Selain inspeksi tangki di industri makanan, Terra Inspectioneering juga melakukan inspeksi pada tangki perusahaan migas dunia.   Michael Wishnu Wardana menambahkan, “Sebagai salah satu grup Terra Drone Corporation, Terra Drone Indonesia dapat mendatangkan teknologi drone UT untuk segera digunakan di Indonesia. Kerjasama yang kami lakukan dengan banyak perusahaan migas di Indonesia saat ini baru berupa inspeksi luar infrastruktur, diharapkan kami dapat segera memperkenalkan drone UT ini melalui tahap uji coba untuk memperlihatkan hasil dan cara kerjanya”.   Kini perusahaan-perusahaan di Indonesia yang membutuhkan inspeksi tangki dengan lebih hemat dari segi biaya dan waktu, dapat dengan mudah menggunakan jasa inspeksi drone UT tersebut melalui Terra Drone Indonesia.

Terra Inspectioneering, salah satu perusahaan grup Terra Drone, berhasil lakukan inspeksi tangki minyak goreng menggunakan drone yang dilengkapi teknologi ultrasonic test (UT) di terminal tangki milik perusahaan Bunge Limited, salah satu perusahaan makanan terkemuka di dunia. Terra Inspectioneering melakukan semua proses inspeksi tangki perusahaan Bunge yang terletak di Belanda menggunakan drone UT, yang dilengkapi dengan fungsi deteksi cacat pada tangki dengan teknologi ultrasonik. Kegiatan inspeksi menggunakan Drone UT dapat membantu inspektur menemukan potensi kerusakan pada tangki, dengan pengukuran anomali hingga akurasi milimeter. Drone tersebut mempermudah pekerjaan inspeksi baja tahan karat yang digunakan untuk penyimpanan minyak goreng, dengan tetap memenuhi standar pemeriksaan yang diberikan oleh The Engineering Equipment and Materials Users Association (EEMUA), badan keanggotaan internasional untuk pemilik dan operator aset tidak bergerak.

3D Tangki - Jasa inspeksi tangki - Inspeksi drone

Gambar 3D tangki 

Sebelumnya ada dua cara untuk memeriksa tangki secara manual, yakni dengan scaffolding dan rope access. Namun, tangki di Eropa memiliki suhu rata-rata rendah, serta dilapisi dengan insulasi di bagian luar sehingga hanya dapat di inspeksi dari dalam. Selain itu, karena tangki minyak goreng tidak memiliki balok pada langit-langit tangki untuk rope access, scaffolding adalah metode pemeriksaan yang sering dipilih. Kedua metode ini membutuhkan operator untuk melakukan pekerjaan berbahaya dengan berada di ketinggian, sehingga secara keselamatan kedua metode ini bukanlah metode yang dianggap paling aman.  

Dengan memasukkan drone ke dalam tangki minyak goreng dan melakukan inspeksi UT pada dinding tangki, personel tidak perlu lagi bekerja di ketinggian sehingga mengurangi risiko kecelakaan kerja. Kegiatan inspeksi menggunakan drone UT secara signifikan dapat mengurangi biaya pemasangan scaffolding yang mahal dan menghemat waktu lebih dari 40 jam pada kegiatan inspeksi. Selain di industri makanan, Terra Inspectioneering juga melakukan inspeksi pada tangki perusahaan migas dunia

Michael Wishnu Wardana menambahkan, “Sebagai salah satu grup Terra Drone Corporation, Terra Drone Indonesia dapat mendatangkan teknologi drone UT untuk segera digunakan di Indonesia. Kerjasama yang kami lakukan dengan banyak perusahaan migas di Indonesia saat ini baru berupa inspeksi luar infrastruktur, diharapkan kami dapat segera memperkenalkan drone UT ini melalui tahap uji coba untuk memperlihatkan hasil dan cara kerjanya”. 

Kini perusahaan-perusahaan di Indonesia yang membutuhkan inspeksi tangki dengan lebih hemat dari segi biaya dan waktu, dapat dengan mudah menggunakan jasa inspeksi drone UT tersebut melalui Terra Drone Indonesia.

Drone UT melakukan pemeriksaan ketebalan luar ruangan (video)

https://www.youtube.com/watch?v=2aN8DQI0GLY 

Drone UT memeriksa ketebalan plafon (video)

https://vimeo.com/375863477 

*Ini bukan keadaan inspeksi yang dilakukan pada tangki bunge. Inspeksi ini adalah keadaan pada saat inspeksi di pabrik lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Halo, ada yang bisa kami bantu?