Pemanfaatan Teknologi Drone untuk Inspeksi Platform Produksi Minyak & Gas Lepas Pantai - Terra Drone Indonesia

Pemanfaatan Teknologi Drone untuk Inspeksi Platform Produksi Minyak & Gas Lepas Pantai

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

3D Model Platform produksi minyak dan gas

Beberapa tahun terakhir, teknologi drone sudah digunakan untuk melengkapi pekerjaan teknisi di sektor minyak dan gas. Pekerjaan di sektor migas terkenal lebih rumit dan beragam karena terbagi menjadi tiga komponen operasi yakni Upstream, Midstream and Downstream. Wilayah operasi migas Upstream atau Hulu migas merupakan bagian yang mengerjakan eksplorasi dan produksi dimana mencari potensi minyak mentah dan gas alam di bawah tanah atau bawah air, eksplorasi, dan selanjutnya pengeboran dan operasi yang nantinya membawa minyak mentah atau gas alam mentah ke permukaan. 

Untuk menjalankan eksplorasi dan operasi migas di lepas pantai atau offshore, perusahaan migas membangun platform produksi minyak dan gas lepas pantai yang sangat rumit dan mahal untuk para personnel melakukan pekerjaannya. Posisi platform yang berada ratusan kilometer di tengah laut didesain cenderung vertikal, kompleks dan padat untuk menghemat tempat dan tidak jarang sudah dibangun puluhan tahun silam. Platform cenderung rumit untuk dilakukan inspeksi baik oleh personel maupun peralatan, sedangkan inspeksi perlu diperlukan untuk menjamin platform dalam kondisi baik sehingga kegiatan dan keselamatan para personel terjamin keamanannya. 

Platform produksi minyak dibangun dari material besi dan logam yang sangat rentan mengalami korosi. Selain itu proses produksi di platform menghasilkan banyak gas yang sangat beracun, mudah meledak atau memicu korosi, salah satunya gas hidrokarbon. Kondisi tersebut berisiko tinggi mengubah bagian-bagian platform dan membahayakan seluruh aktivitas di hulu migas.

Untuk memastikan platform pengeboran migas selalu dalam kondisi baik, perusahaan migas kini mengadopsi teknologi untuk melakukan inspeksi dengan aman, mudah dan efektif. Drone dengan berbagai kelebihannya kemudian menjadi teknologi yang dipilih untuk melakukan inspeksi atau survei. Inspeksi menggunakan teknologi drone memungkinkan untuk mengakses ke struktur dan bagian detail yang tidak dapat diakses oleh personel dengan cara konvensional. Selain itu, drone dengan kamera dapat menemukan potensi kerusakan atau bagian yang kemungkinan paling cepat muncul korosi. Dengan cara tersebut, para inspektur dapat lebih cepat melakukan tindakan dan pengamanan.

Tim Terra Drone Europe berada di platform produksi minyak dan gas

Tim Terra Drone Europe berada di platform produksi minyak dan gas

Beberapa perusahaan drone sudah bekerja sama dengan perusahaan migas besar untuk melakukan inspeksi platform produksi migas lepas pantai. Salah satunya Terra Drone Europe, grup perusahaan Terra Drone Corporation, yang berhasil menyelesaikan inspeksi dan survei 3D anjungan pengeboran minyak milik perusahaan migas internasional yakni Shell di Lepas pantai Laut Utara, Samudra Atlantik.

Platform produksi minyak dan gas dirancang beberapa tahun yang lalu ketika teknik survei belum terlalu canggih. Umumnya, gambar yang dimiliki perusahaan tidak selalu mewakili situasi saat ini. Perusahaan menginginkan gambaran posisi setiap elemen pada platform untuk memfasilitasi penentuan posisi rig pengeboran yang akurat, sehingga menjamin keberlangsungan produksi. Memanfaatkan teknologi dan ilmu yang dimiliki, perusahaan grup Terra Drone membagi survei menjadi dua bagian. Salah satunya dengan membuat point cloud 3D dan memeriksa posisi bagian-bagian platform dengan sangat akurat. Dari pekerjaan tersebut, perusahaan mendapatkan gambaran paling terkini kondisi platform dengan sangat mudah.

Michael Wishnu Wardana, selaku CEO Terra Drone Indonesia mengungkapkan “Pengalaman Terra Drone Europe yang berhasil melakukan inspeksi platform pengeboran migas lepas pantai perusahaan Shell, tentu dapat diaplikasikan juga untuk membantu perusahaan migas di Indonesia. Terra Drone Indonesia sendiri sudah berhasil melakukan survey dan inspeksi untuk perusahaan-perusahaan minyak gas di Indonesia. Inspeksi menggunakan drone menawarkan tindakan cepat sebagai alternatif dibanding metode inspeksi tradisional yang memakan waktu, mahal, dan juga membahayakan keselamatan seperti penggunaan akses tali dan perancah.” 

Teknologi dan digitalisasi dengan cepat mengubah industri minyak dan gas di seluruh dunia. Sebagai salah satu penyedia solusi drone industri terbesar dengan perusahaan grup dan mitra teknologi di lebih dari 25 negara, Terra Drone Corporation akan menjadi bagian dalam ekosistem ini dengan terus memberikan solusi melalui teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Halo, ada yang bisa kami bantu?