Aplikasi Drone di Offshore Migas

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Drone untuk Offshore

Kegiatan pemeliharaan aset merupakan hal yang wajib dilakukan oleh pelaku industri, terutama minyak dan gas yang memiliki banyak fasilitas penting dan mahal. Kegiatan pemeliharaan di wilayah operasi migas yang paling terkenal ialah inspeksi. Inspeksi dibutuhkan untuk memastikan aset-aset dalam keadaan baik dan normal untuk dioperasikan. Dengan inspeksi pula, para inspektur dapat mengurangi risiko kesalahan ataupun kecelakaan kerja. Seperti kita ketahui, prosedur dan cara kerja di area operasi migas sangat ketat, hal tersebut karena kecelakaan kecil saja dapat mengakibatkan kerugian yang besar.

Wahana yang digunakan perusahaan migas untuk melakukan inspeksi pun beragam, salah satu metodenya adalah metode rope access tower atau dengan pantauan udara menggunakan helikopter. Inspeksi melalui udara memiliki banyak kelebihan seperti jangkauan yang lebih luas, mengurangi keterlibatan pekerja karena dapat dilakukan saat operasional migas sedang berlangsung. Namun saat ini inspeksi udara menggunakan helikopter perlahan mulai ditinggalkan karena adanya inovasi teknologi drone yang lebih aplikatif untuk kegiatan inspeksi di offshore migas.

Drone secara signifikan menggantikan metode inspeksi tradisional karena penggunaannya yang lebih efektif dan efisien. Beberapa produsen drone yang menerima feedback baik dari perusahaan migas pun kini berlomba menciptakan drone yang khusus dibuat untuk inspeksi aset migas. Beberapa aplikasi yang dapat dilakukan menggunakan drone adalah Inspeksi visual dan thermal. Inspeksi visual dapat dilakukan pada beberapa aset seperti bridge, underdeck, crane tower dan communication tower. Inspeksi visual dan thermal sekaligus juga dapat dilakukan pada aset suar atau flare.

Drone inspeksi flare stack

Drone saat menginspeksi flare stack

Operasi drone aman karena menghilangkan kebutuhan untuk melibatkan inspektur pada kegiatan berbahaya seperti memanjat suar ataupun berada sangat dekat dengan aset untuk melihat bagian-bagian dengan sangat dekat. Upaya konvensional untuk inspeksi tersebut kini dapat dihilangkan. Dengan demikian, risiko keselamatan dan kemungkinan kematian pekerja dapat diminimalkan.

Berkenaan dengan efisiensi biaya, drone jauh lebih menghemat pengeluaran perusahaan dibandingkan dengan penggunaan helikopter. Drone yang menggunakan baterai lebih tentu lebih hemat dibandingkan helikopter yang menggunakan bahan bakar. Selain itu, penggunaan drone tidak memerlukan penghentian operasi untuk melakukan inspeksi, hal tersebut menghilangkan gangguan di kegiatan operasional, sehingga tidak akan menimbulkan kerugian finansial.

Drone dan sensor yang dipasang dapat menemukan anomali pada aset dengan sesegera mungkin. Hal tersebut karena drone dapat terbang sedekat mungkin dengan aset dan dapat diarahkan langsung pada objek-objek yang diinginkan inspektur. Bahkan saat ini, sudah ada drone yang dapat menempel langsung pada permukaan aset. Keunggulan tersebut tentu dapat mencegah kerusakan yang lebih luas yang dapat mengakibatkan bahaya keselamatan bagi pekerja. Drone juga dapat melakukan inspeksi terus-menerus sesuai kebutuhan inspektur baik siang maupun malam.

Penggunaan drone untuk melakukan inspeksi di area offshore migas tidak hanya meningkatkan keamanan, tetapi juga menghasilkan pekerjaan secara menyeluruh, cepat dan akurat. Selain inspeksi, drone juga mampu membantu mendeteksi tumpahan minyak di laut. Terra Drone Indonesia yang sudah bekerja sama dengan beberapa perusahaan migas besar di Indonesia terus membantu membantu menemukan solusi untuk berbagai pekerjaan migas. Melalui perusahaan grup yang tersedia di banyak negara, Terra Drone Indonesia dapat menyediakan berbagai teknologi untuk melakukan inspeksi di area offshore migas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERRA DRONE INDONESIA
Terra Drone Indonesia is part of Terra Drone Group which focus on providing services to construction, mining, oil & gas, energy, and utilities industry.

KANTOR JAKARTA
CoHive 101 Floor 7 Unit 3,
Kawasan Mega Kuningan
DKI Jakarta 12950, Indonesia

Email: info@terra-drone.co.id
Telp: +62812 6559 4857

KANTOR BANDUNG
Ruko Paskal Hyper Square B-18
Jl. Pasir Kaliki No. 25-27
Bandung 40181, Indonesia

Email: info@terra-drone.co.id
Telp: +6222 860 60959

Open chat
Halo, ada yang bisa kami bantu?