Drone UT untuk Inspeksi Aset Tangki - Terra Drone Indonesia

Drone UT untuk Inspeksi Aset Tangki

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Drone UT - Terra Drone Indonesia

Salah satu grup perusahaan Terra Drone Corporation yakni Terra Inspectioneering, telah dianugerahi kontrak inspeksi ruang terbatas (confined space inspection) oleh Vopak, perusahaan penyimpanan tangki independen terkemuka yang berkantor pusat di Rotterdam, Belanda. Di bawah kontrak tersebut, Terra Inspectioneering akan menyediakan inspeksi visual non-entri, pengujian ketebalan ultrasonik (ultrasonic thickness measurement), dan layanan analisis deformasi ke Vopak menggunakan drone Terra UT. Layanan inspeksi drone akan ditawarkan untuk tangki yang dimiliki dan dioperasikan oleh Vopak di 11 lokasi di seluruh Belgia dan Belanda.

Selain inspeksi untuk perusahaan Vopak, Terra Inspectioneering juga berhasil melakukan percobaan demonstrasi inspeksi ketebalan film pada tangki menggunakan drone UT untuk meningkatkan efisiensi pekerjaan inspeksi pabrik untuk perusahaan Royal Dutch Shell di Belanda. Ketebalan film pada tangki mengacu pada ketebalan cat yang telah dikeringkan untuk membentuk film. Terdapat dua jenis pemeriksaan ketebalan film, yakni dengan menggunakan pengukur ketebalan film dimana inspeksi tidak merusak aset, dan menggunakan larutan elektrolit yang cenderung merusak aset. Dalam inspeksi ini, Terra Drone menggunakan drone yang dipasangi sensor yang dapat mencari anomali hingga ke tingkat mikron.

Terra Inspectioneering merupakan perusahaan yang fokus pada pengujian non-destruktif (NDT) dan layanan inspeksi ruang industri, berbahaya, dan tertutup, seperti tangki penyimpanan, boiler, superheater, tungku, tumpukan, saluran pipa, dan banyak lagi. Terra Inspectioneering adalah bagian dari perusahaan multinasional Terra Drone Corporation yang berbasis di Jepang dan memiliki cabang di berbagai negara, salah satunya di Indonesia sebagai Terra Drone Indonesia.

Ron van Seeters, General Manager dan Co-Founder Terra Inspectioneering, mengatakan, “Drone adalah alat paling aman dan paling handal untuk melakukan inspeksi rumit di ruang terbatas. Teknologi tersebut mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk inspeksi hingga 60 persen dan menjaga keamanan para pekerja. Terutama pada saat pandemi COVID-19 seperti saat ini, menggunakan drone untuk inspeksi dapat membantu meminimalkan jumlah pekerja di lapangan, memungkinkan perusahaan untuk memenuhi pedoman jarak sosial yang diamanatkan pemerintah. ”

Drone UT - Terra Drone Indonesia

Kiri: UT drone, kanan: cat buruk di dinding tangki

Dengan keberhasilan pekerjaan dan uji coba tersebut, Terra Drone melalui teknologinya membantu  menciptakan tempat kerja yang lebih aman, berkelanjutan, produktif, serta dapat menjadi katalisator transformasi digital industri energi dan bahan kimia.

Keberhasilan pemanfaatan drone untuk inspeksi di sektor migas juga juga dilakukan oleh Terra Drone Indonesia, yang sudah melakukan banyak pekerjaan untuk membantu perusahan migas di wilayah Indonesia dalam melakukan inspeksi aset mereka. Salah satunya ialah pekerjaan inspeksi visual onshore flare stack untuk perusahaan energi Chevron (PT Chevron Pacific Indonesia). Drone yang digunakan untuk pekerjaan tersebut dilengkapi dengan RGB resolusi tinggi dan kamera thermal, serta dapat diarahkan untuk terbang pada jarak yang sangat dekat dengan aset. Hal tersebut membuat drone dapat bekerja sesuai permintaan pengawas dan fokus mengambil data pada area tertentu seperti ujung flare stack, pelindung radiasi, sistem pengapian pilot, pipa, gantri, pegangan tangan, dan kondisi flare stack secara keseluruhan.

Penggunaan drone di sektor migas dapat meningkatkan efisiensi kerja. Secara tradisional, inspeksi tangki dilakukan dengan mengirim inspektur ke ruang tertutup dan terbatas. Hal tersebut mengurangi produktivitas karena mengharuskan aset untuk shutdown lebih lama. Namun dengan drone, waktu yang dibutuhkan relatif lebih singkat, bahkan pada beberapa kasus, aset tidak perlu melakukan shut down karena proses inspeksi tetap dapat dilakukan walaupun aset menyala.  Bagi industri migas yang sangat memperhatikan proses kerja, drone juga menjadi solusi karena meningkatkan keamanan secara signifikan, para inspektor dapat memantau kegiatan inspeksi dari jarak jauh sehingga terhindar dari potensi berbahaya.

Melihat keberhasilan penggunaan drone Terra UT di perusahaan migas Eropa, saat ini Terra Drone Indonesia juga sedang memperkenalkan teknologi tersebut untuk diaplikasikan pada tangki & ruang tertutup lainnya yang dikelola oleh perusahaan-perusahaan migas di Indonesia. Terra Drone Indonesia memiliki tim yang berpengalaman dan mengerti dalam berbagai pekerjaan di sektor migas setelah sebelumnya pernah bekerja dengan para Kontraktor Kontrak Kerja Sama (K3S) Indonesia dalam waktu yang lama.

Open chat
Halo, ada yang bisa kami bantu?