Terra LiDAR One, Solusi Teknologi LiDAR Terbaru dari Terra Drone

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Teknologi Drone Terra LiDAR One

Terra Drone sebagai salah satu perusahaan penyedia jasa pemanfaatan drone industri yang berpusat di Jepang, baru saja merilis teknologi sensor LiDAR terbaru untuk keperluan pemetaan di sektor konstruksi, pertambangan, dan survei. Teknologi tersebut dinamakan Terra LiDAR One, yang akan mulai dipasarkan mulai Juli 2021. 

Terra LiDAR One merupakan teknologi sensor LiDAR mutakhir yang dirancang untuk kegiatan survei topografi maupun inspeksi secara 3D, dengan lebih efektif dan efisien terutama dalam menghasilkan data dengan akurasi yang tinggi, produktivitas tinggi dan mudah digunakan. 

Terra LiDAR One bekerja dengan menembakkan jutaan titik pancaran laser ke objek dalam satu waktu, yang kemudian dimodelkan dalam bentuk point cloud 3 dimensi. Point cloud yang dihasilkan kemudian diolah sehingga membentuk model terkomputerisasi dengan tingkat akurasi yang sangat baik. Cara kerja LiDAR juga memungkinkan survei untuk dilakukan dalam kondisi cahaya yang terang maupun gelap, sehingga dapat dilakukan siang maupun malam hari. Sensor dapat dipasang pada produk drone keluaran DJI, yaitu DJI seri Matrice 300 RTK, yang merupakan salah satu drone multirotor terbaik yang saat ini dapat ditemukan di pasaran. 

Sensor Terra LiDAR

Sensor LiDAR Terra LiDAR One

Teknologi baru ini dapat diaplikasikan untuk kebutuhan pemetaan topografi di berbagai sektor industri seperti konstruksi, infrastruktur, dan pertambangan. Sedangkan di industri migas dan ketenagalistrikan, LiDAR dapat digunakan untuk melakukan inspeksi dan pemeliharaan aset seperti flare stack dan jalur transmisi listrik. Cara kerja LiDAR yang menggunakan laser juga sangat cocok digunakan untuk industri kehutanan dan perkebunan yang padat vegetasi. Pancaran laser lidar dapat menembus pohon dan dedaunan sehingga nantinya dapat diketahui volumetrik vegetasi, perhitungan biomassa pohon hingga kondisi permukaan hutan itu sendiri.

Kedepannya, pengguna pun semakin dimudahkan dengan hadirnya solusi Cloud Service untuk pengolahan data. Pengguna hanya perlu untuk mengunggah data LiDAR ke sistem cloud, dan hasil akhir peta kontur akan secara otomatis diterima oleh pengguna. 

CEO Terra Drone Indonesia, Michael Wishnu Wardana mengungkapkan, “Terra LiDAR One akan menjawab solusi dari pemetaan di area-area dengan vegetasi yang lebat dan sulit dijangkau, yang membutuhkan sensor lidar dengan tingkat akurasi tinggi, produktivitas yang tinggi, serta berbiaya rendah. Teknologi akan menjadi alternatif sensor LiDAR yang menarik bagi konsumen.” 

Penggunaan teknologi drone dalam melakukan pemetaan sangat berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Teknologi Terra LiDAR One merupakan komitmen inovasi Terra Drone untuk memberikan solusi di berbagai pekerjaan industri yang tergolong 3D (dull, dangerous, dirty). 

One Response

  1. Saya tertarik dgn teknologi lidar ini, terutama berpotensi mengetahui volumetrik vegetasi & biomasa.
    Beberapa hal yg perlu penjelasan, all :
    1. Apakah bisa mengetahui volume & biomasa buah didalam vegetasi/tanaman. Sehingga diketahui masing2 bagiannya antara buah & canopy/daun+batang.
    2. Apakah volume permukaan tanah yg dpt ditembus lidar ikut terhitung ?
    3. Prosesing image lidar apakah
    3. Apakah harga yg ditawarkan include dgn drone nya ?
    Jika ingin mencoba (Trial) kemampuan teknologi lidar utk hal di atas, maka akan kami siapkan area/vegetasi yg diperlukan.
    Ada 3 komoditi tanaman yg tersedia pada kami, Nanas, Pisang & Guava.
    Dan apabila berhasil utk volumetrik & biomasa, kami tertarik utk menggunakannya.

    Salam,
    Oki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERRA DRONE INDONESIA
Terra Drone Indonesia is part of Terra Drone Group which focus on providing services to construction, mining, oil & gas, energy, and utilities industry.

KANTOR JAKARTA
CoHive 101 Floor 7 Unit 3,
Kawasan Mega Kuningan
DKI Jakarta 12950, Indonesia

Email: info@terra-drone.co.id
Telp: +62812 6559 4857

KANTOR BANDUNG
Ruko Paskal Hyper Square B-18
Jl. Pasir Kaliki No. 25-27
Bandung 40181, Indonesia

Email: info@terra-drone.co.id
Telp: +6222 860 60959

Open chat
Halo, ada yang bisa kami bantu?