Drone untuk Meningkatkan Keamanan Tambang - Terra Drone Indonesia

Drone untuk Meningkatkan Keamanan Tambang

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Drone untuk pertambangan - Terra Drone Indonesia

Keamanan merupakan hal yang penting di area tambang, dimana area tambang adalah obyek vital nasional (obvitnas) yang di dalamnya terkandung sumber daya alam yang dapat dijadikan pendapatan negara. Tentunya di dalam kegiatan operasi hariannya, alat kerja yang digunakan tergolong sangat mahal serta para pekerja yang selalu beraktivitas di area tambang. Alat-alat tersebut wajib untuk dijaga ketika tidak digunakan, untuk menghindari terjadinya pencurian spare part maupun unit secara utuh. Selain alat, kemanan tambang juga mencangkup seluruh aktivitas baik dari segi pekerja hingga lingkungan sekitar.

Selain itu, keamanan juga adalah hal yang penting ketika kita berbicara pengawasan jalan di dalam pit dan hauling road yang dilalui oleh dump truck maupun truk lainnya. Kegiatan keamanan saat ini memiliki kelemahan yaitu tidak bisa melakukan pengawasan dari atas atau bird view dan bersifat mobile.

Drone dapat dimanfaatkan untuk memantau keseluruhan area tambang karena jangkauannya yang jauh dan luas. Selain itu drone juga memiliki kamera yang dilengkapi tidak hanya sensor visual tapi juga sensor thermal, yang mana drone tersebut dapat digunakan pada malam hari sebagai night vision.

Perusahaan tambang akan sangat diuntungkan apabila penerapan drone juga digunakan kegiatan pengamanan, tentunya kerugian-kerugian yang akan timbul bisa diminimalisir dengan adanya aktivitas drone untuk keamanan tersebut.

Beberapa drone produk unggulan Terra Drone Indonesia yang dapat digunakan untuk meningkatkan keamanan di lokasi tambang salah satunya adalah Bramor C4EYE.  Selain dari segi teknologi, Terra Drone beberapa kali melakukan pelatihan untuk perusahaan tambang di Indonesia. Salah satu tujuan dari pelatihan tersebut pula salah satunya meningkatkan keamanan dalam melakukan pekerjaan rutin yang dilakukan di wilayah pertambangan seperti pemetaan, pemantauan alat berat hingga pemantauan perbatasan operasi tambang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Halo, ada yang bisa kami bantu?