Pemanfaatan Drone di Operasi Tambang

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Drone di pertambangan - Terra Drone Indonesia
 

Pemanfaatan drone di area pertambangan yang paling umum atau sering dilakukan di operasi tambang ialah untuk menghitung volume ataupun pengukuran kontur. Metode pengambilan datanya dengan  menggunakan fotogrametri ataupun teknologi lidar. Tujuannya antara lain untuk mengkalkulasi seberapa banyak kandungan atau sumber daya yang ada di area tersebut, perencanaan eksplorasi suatu area hingga rencana pembangunan infrastruktur untuk menunjang kegiatan operasi pertambangan.

Selain itu penggunaan teknologi drone pada operasi tambang digunakan untuk kegiatan monitoring alat berat yang ada di lokasi pertambangan secara berkala. Pemanfaatan drone di area pertambangan yang sering dilakukan ialah pemetaan topografi untuk kebutuhan eksplorasi . Hal tersebut mudah dilakukan menggunakan drone karena hasil gambar atau video dapat menjangkau area yang luas dalam sekali terbang, dan dalam sehari drone dapat melakukan beberapa kali penerbangan.

Teknologi drone tidak hanya dapat membawa kamera, namun berbagai sensor juga dapat dibawa. Salah satu sensor yang dapat dibawa untuk dimanfaatkan di area pertambangan ialah sensor Magnetic, tujuannya untuk mencari anomali yang berada di suatu area tertentu sehingga memudahkan tim untuk mengidentifikasi atau menganalisa area tersebut, contohnya potensi kandungan mineral atau logam yang ada di bawah tanah. Kelebihan yang didapatkan ialah perusahaan tambang dapat meningkatkan produktivitas mereka dari data- data yang diambil drone dibandingkan dengan survey melalui darat.

Selain itu, ada pemanfaatan drone GPR untuk kegiatan survey yang memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan cara darat atau area yang sulit dijangkau oleh manusia. Berdasarkan pengalaman Terra Drone Indonesia dalam menggunakan drone GPR di untuk digunakan di salah satu perusahaan tambang di Indonesia, penggunaan drone GPR meningkatkan keamanan para pekerja khususnya yang membutuhkan data di area dibawah tanah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERRA DRONE INDONESIA
Terra Drone Indonesia is part of Terra Drone Group which focus on providing services to construction, mining, oil & gas, energy, and utilities industry.

KANTOR JAKARTA
CoHive 101 Floor 7 Unit 3,
Kawasan Mega Kuningan
DKI Jakarta 12950, Indonesia

Email: info@terra-drone.co.id
Telp: +62812 6559 4857

KANTOR BANDUNG
Ruko Paskal Hyper Square B-18
Jl. Pasir Kaliki No. 25-27
Bandung 40181, Indonesia

Email: info@terra-drone.co.id
Telp: +6222 860 60959

Open chat
Halo, ada yang bisa kami bantu?