Sinergi Drone dan Aktivitas Analisis data

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Saat ini berbagai perusahaan di berbagai sektor memiliki bagian analisis data yang bekerja sebagai penafsir data dan menganalisa hasilnya menggunakan berbagai teknik hingga nantinya menjadi suatu kesimpulan. Data yang dianalisis pun sangat beragam dan melibatkan pekerjaan besar hingga kecil, karena manajemen atau pemangku kepentingan tidak ingin adanya kesalahan dalam mengolah informasi perusahaan. 

Dalam melakukan analisis data tersebut, alat atau teknologi yang digunakan untuk mengumpulkan data akan sangat bermacam-macam di berbagai perusahaan, salah satunya ialah teknologi drone. Teknologi drone yang sudah diketahui dan digunakan banyak orang, ternyata menyimpan kelebihan dan manfaat yang lebih dari sekedar pengambilan foto atau video terlebih untuk perusahaan industri. Perkembangannya yang sangat cepat kini sudah digunakan untuk aktivitas analisis data sebagai pengumpul informasi terpercaya dan akurat. Dengan berbagai kamera dan sensor yang bisa dibawa terbang, berbagai data digital hingga objek 3D dapat dihasilkan dalam sekali terbang. Sehingga perkembangan hasil datanya pun tidak lagi hanya sebagai peta, namun dapat mengidentifikasi objek penting yang selama ini sulit diterjemahkan oleh para data analisis. Sebagai contoh beberapa informasi hasil teknologi drone yang dapat digunakan oleh para data analisis berdasarkan sektornya antara lain:

Pertambangan

Di sektor pertambangan, drone dapat digunakan para analisis data untuk eksplorasi pertambangan di area luas yang sulit dilakukan para surveyor darat, management stockpile yang dapat berupa pemantauan perubahan timbunan dan menghitung volume, pemantauan alat berat dan para pekerja, identifikasi dan mitigasi bahaya dll.

Drone untuk pertambangan - Terra Drone Indonesia

Perkebunan

Sebagai salah satu sektor yang lebih dulu mengadopsi drone untuk mempermudah pekerjaan, sektor perkebunan dapat dengan mudah menganalisis untuk perencanaan tanam, kesehatan tanaman, perkiraan hasil panen dll.

Minyak dan gas

Sektor minyak dan gas yang sangat teliti dalam penggunaan teknologi, sudah menggunakan drone untuk beberapa kegiatan operasional mereka baik di onshore ataupun offshore. Salah satu yang sudah terkenal ialah analisis infrastruktur outdoor dan indoor contohnya flare stack hingga bagian dalam tangki, analisis jalur pipa, tumpahan atau kebocoran minyak dan masih banyak lagi.

Konstruksi 

Perusahaan kontraktor tidak ketinggalan menggunakan drone untuk mempermudah pekerjaan  analisis data melalui survei lahan yang nantinya dijadikan informasi untuk perkiraan biaya, waktu hingga jumlah bahan bangunan, pemantauan selama konstruksi berjalan hingga selesai.

Selain keempat sektor diatas, drone juga sudah digunakan sebagai teknologi yang memudahkan data analisis di sektor lainnya seperti listrik dan telekomunikasi. Berbagai perusahaan industri tersebut memilih drone karena ada kesamaan dalam beberapa hal antara lain:

  1. Drone mengurangi proses waktu pengumpulan data dibanding metode terdahulu.
  2. Drone menghasilkan data akurat dan real time sehingga memudahkan pekerjaan analisis data.
  3. Drone lebih hemat dari segi biaya.
  4. Drone aman digunakan untuk berbagai kondisi lapangan.
  5. Pengoperasiannya terbilang mudah dan tidak membutuhkan banyak orang.

Secara garis besar, drone dapat bersinergi dengan baik untuk pekerjaan analisis data di berbagai perusahaan industri. Namun yang perlu diingat, pengoperasian drone harus tetap mengikuti aturan yang berlaku. Perusahaan harus paham akan adanya izin terbang, wilayah terbang hingga kualifikasi pilot drone itu sendiri agar aman dioperasikan di area perusahaan mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERRA DRONE INDONESIA
Terra Drone Indonesia is part of Terra Drone Group which focus on providing services to construction, mining, oil & gas, energy, and utilities industry.

KANTOR JAKARTA
CoHive 101 Floor 7 Unit 3,
Kawasan Mega Kuningan
DKI Jakarta 12950, Indonesia

Email: info@terra-drone.co.id
Telp: +62812 6559 4857

KANTOR BANDUNG
Ruko Paskal Hyper Square B-18
Jl. Pasir Kaliki No. 25-27
Bandung 40181, Indonesia

Email: info@terra-drone.co.id
Telp: +6222 860 60959

Open chat
Halo, ada yang bisa kami bantu?