Terra Drone Indonesia Berikan Pelatihan Drone untuk IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Terra Drone Indonesia beberapa waktu lalu memberikan pelatihan pengoperasian drone kepada Sub Bagian Humas dan Publikasi IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Selama 5 hari pelatihan, para peserta diberikan penjelasan berupa teori-teori dasar yang diperlukan untuk mengoperasikan drone, seperti teori tentang pesawat dan drone, regulasi drone di Indonesia, hingga penanganan situasi darurat. Selain teori, para peserta juga melakukan praktik di lapangan seperti berlatih mengoperasikan dokumentasi drone, melakukan pemetaan menggunakan drone, hingga mengolah hasil foto drone menjadi peta digital.

Dalam media release di website resmi IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Kepala Sub Bagian Humas dan Publikasi IAIN Cirebon, H. Mohamad Arifin MPdI memaparkan saat ini Humas IAIN sudah dilengkapi dengan alat kerja yang memadai. Termasuk memiliki unit drone sendiri yang bisa digunakan untuk keperluan dokumentasi dan publikasi aktivitas di lingkungan kampus. 

Pelatihan tersebut juga dilakukan sebagai peningkatan kapasitas internal SDM guna mendukung suksesi transformasi kelembagaan IAIN, salah satunya dalam aktivitas dokumentasi dan publikasi di lingkungan kampus yang menjadi tugas pokok bagian Humas dan Publikasi.

Salah satu peserta pelatihan, Oktavianus Bere menambahkan dengan memanfaatkan drone, tim Humas IAIN dapat memperoleh data visual dari sudut berbeda. Dengan manfaat tersebut, drone menjadi kebutuhan bagi mereka. IAIN Cirebon kerap menggelar kegiatan yang melibatkan banyak massa, seperti Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK), Kuliah Kerja Nyata (KKN) hingga wisuda.

“Dengan menggunakan drone, kerja tim Humas IAIN bakal lebih maksimal untuk menangkap momen-momen besar yang ada di kampus IAIN Cirebon,” ungkap Okta.

Meningkatkan keterampilan mengoperasikan drone sangat penting dilakukan bagi para pilot, salah satunya melalui pelatihan demi keselamatan diri sendiri dan orang lain. Terlebih drone akan digunakan di area yang terdapat kerumunan, seperti tujuan IAIN untuk melakukan dokumentasi mahasiswa-mahasiswi saat dilaksanakannya kegiatan kampus. Selain itu, pengolahan hasil visual dari tangkapan drone sangat penting untuk kemudian menghasilkan dokumentasi dan gambar yang menarik. 

Sebelumnya Terra Drone Indonesia juga pernah memberikan pelatihan drone ke instansi maupun perusahaan industri. Kedepannya, Terra Drone Indonesia juga akan bekerjasama dengan lembaga dan asosiasi terkait untuk terus meningkatkan kesadaran pengoperasian drone yang aman hingga kualitas pelatihan itu sendiri secara bertahap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERRA DRONE INDONESIA
Terra Drone Indonesia is part of Terra Drone Group which focus on providing services to construction, mining, oil & gas, energy, and utilities industry.

KANTOR JAKARTA
CoHive 101 Floor 7 Unit 3,
Kawasan Mega Kuningan
DKI Jakarta 12950, Indonesia

Email: info@terra-drone.co.id
Telp: +62812 6559 4857

KANTOR BANDUNG
Ruko Paskal Hyper Square B-18
Jl. Pasir Kaliki No. 25-27
Bandung 40181, Indonesia

Email: info@terra-drone.co.id
Telp: +6222 860 60959

Open chat
Halo, ada yang bisa kami bantu?