Manfaat Teknologi Drone di Wilayah Operasi Migas - Terra Drone Indonesia

Manfaat Teknologi Drone di Wilayah Operasi Migas

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Minyak dan gas menjadi salah satu industri yang terus mengadopsi drone untuk diujicobakan pada beberapa pekerjaan penting mereka. Keterbukaan industri migas untuk melihat sejauh mana pemanfaatan teknologi drone pula menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan penyedia jasa drone berinovasi untuk memberikan berbagai macam aplikasi dan solusi. Wilayah operasi migas dapat dikatakan berisi aset atau infrastruktur penting dan ‘mahal’, tidak semua teknologi dengan mudah berada disana namun kini teknologi drone dapat dijumpai di langit wilayah operasi migas dari offshore dan onshore. Beberapa aplikasi drone antara lain:

Drone untuk patroli di migas

Drone untuk pemantauan di area migas

 

1.Pemantauan 

Wilayah operasi migas sangat luas dan terdiri dari banyak jenis lokasi. Teknologi drone untuk pemantauan dapat menghasilkan berbagai jenis data sesuai kebutuhan. Aplikasinya antara lain untuk pemantauan tumpahan minyak baik di darat atau laut. Kerugian besar tumpahan minyak dapat dirasakan terbesar dari sisi ekonomi dan lingkungan. Jika di darat mungkin hanya area sekitar tumpahan saja yang tercemar, itu pun dapat ditangani langsung jika berada di dalam wilayah perusahaan. Berbeda dengan tumpahan minyak di laut, ekosistem laut menjadi rusak dan banyak nelayan yang kehilangan pekerjaanya. Hal tersebut sama-sama memberikan nilai kerugian yang sangat besar.

Pemantauan jaringan pipa menggunakan drone juga kini sudah banyak dilakukan oleh perusahaan migas. Jaringan pipa yang membentang ratusan kilo dapat dengan sangat mudah dipantau dari atas, berbeda dengan cara sebelumnya dimana pekerja menyusuri di daratan. Jaringan pipa juga terletak di medan yang berbeda, tidak jarang sulit dilalui oleh para pekerja ditambah cuaca yang tidak menentu. Hal lain yang menjadi rintangan dan memiliki risiko bahaya ialah banyaknya sindikat pencuri migas yang mungkin berada di area jaringan pia tersembunyi. Hal tersebut pun berlaku dalam pemantauan jalur transportasi minyak melalui jalur darat maupun laut. 

Dalam menghasilkan data dari objek-objek yang dipantau, drone dilengkapi dengan sensor kamera video visual dan infrared, dan dapat mentransmisikan video secara live ke Ground control. Drone ini juga memiliki opsi untuk mengidentifikasi sebuah object yang bergerak di atas permukaan tanah dan melakukan pengejaran object tersebut. Drone juga harus mampu dioperasikan untuk jarak yang jauh dan dapat digunakan baik siang atau malam hari. Beberapa jenis drone yang dapat digunakan antara lain Bramor C4Eye dan Atlas C4Eye untuk jenis fixed wing, serta  DJI M300 dan DJI M600 Pro untuk jenis multirotor.

2. Pemetaan

Di industri lain, pemetaan menggunakan drone sudah banyak dilakukan. Dalam industri migas pun, beberapa pemetaan menggunakan drone dilakukan untuk pekerjaan studi kelayakan dalam kegiatan pra-konstruksi hingga pemetaan tumpahan minyak di darat. Drone nantinya dapat memberikan informasi dalam bentuk peta kontur, peta situasi, 3D Modeling di area luas dalam sekali terbang. Beberapa teknologi yang drone yang dapat melakukan pemetaan adalah Bramor PPX, Terra LiDAR hingga drone Quantum.

 

3. Inspeksi

Inspeksi fasilitas migas menggunakan drone kini sudah banyak dilakukan perusahaan migas, bahkan terus berkembang dari sisi teknologi hingga jenis data yang dihasilkan. Fasilitas migas harus di inspeksi berkala untuk memastikan operasional berjalan dengan baik. Untuk mendapatkan data hasil inspeksi, para pekerja harus berada sedekat mungkin dengan fasilitas. Fasilitas yang diinspeksi pun bukan hanya bagian luar yang terlihat, namun beberapa aset seperti tangki pun harus ikut diinspeksi bagian dalamnya. Untuk itu inspeksi dibedakan menjadi 2 bagian: 

Inspeksi Luar

Terdapat 3 jenis inspeksi luar aset yang dapat drone untuk menghasilkan data yang dibutuhkan perusahaan migas, yakni inspeksi visual, inspeksi visual & thermal dan inspeksi ultrasonic measurement. Inspeksi visual dapat dilakukan pada aset migas seperti tower komunikasi, pipa, jembatan, FSO deck, crane tower, lifting gear dan platform lainnya. Inspeksi visual bertujuan untuk menganalisa kerusakan pada object seperti korosi, crack/retakan, berdasarkan gambar tersebut. Selain itu, terdapat inspeksi visual dan thermal dengan contoh objek migas Flare system dan tube HRSG dengan tujuan memperoleh gambar yang memunculkan informasi persebaran panas suatu object, agar dapat mengidentifikasi kebocoran, kerusakan pada object dan energy loss. Drone yang digunakan merupakan jenis multirotor yang dilengkapi dengan sensor kamera visual dan thermal, salah satu produknya ialah DJI M600 Pro dan DJI M300.

Drone untuk inspeksi migas

Inspeksi luar

Inspeksi Dalam

Inspeksi dalam biasanya dilakukan pada aset yang tertutup seperti HRSG atau tangki yang menyimpan dan memproses kandungan tertentu. Inspeksi dalam menggunakan drone bertujuan untuk menggantikan pekerja yang harus masuk ke dalam tangki. Selain meningkatkan keselamatan kegiatan inspeksi, data yang didapatkan lebih akurat dan jelas. Di aset tertutup, inspeksi yang dilakukan dapat berupa inspeksi visual dan pengukuran ketebalan. Inspeksi visual dalam bertujuan untuk menganalisa kerusakan pada object seperti korosi, crack/retakan, berdasarkan gambar tersebut. Drone yang digunakan pun dilengkapi dengan pengaman propeller dan cangkang, yang bertujuan melindungi drone dari tabrakan dengan object pembatas seperti dinding. Drone yang digunakan antara lain Elios dan DJI Mavic 2 caged. Sedangkan inspeksi pengukuran ketebalan dalam aset dilakukan untuk memperoleh informasi ketebalan dinding dan atap tangki yang terkini. Hasil tersebut akan dibandingkan dengan kondisi ketika tangki belum dioperasikan. Tujuannya adalah untuk menilai sebuah tangki masih layak digunakan atau tidak. Drone yang digunakan akan dilengkapi dengan sensor UT gauge, salah satunya ialah drone Terra UT. Selain itu, terdapat inspeksi NDT (Non-Destructive Test) dimana kegiatan inspeksi ini tidak merusak sebuah object. Hampir semua metode inspeksi menggunakan drone adalah NDT.

Drone untuk inspeksi dalam tangki

Inspeksi dalam

Melihat banyaknya penggunaan drone untuk pekerjaan krusial di wilayah operasi migas, kedepannya akan terus bermunculan inovasi teknologi yang dapat membantu meningkatkan produktivitas kerja. Beberapa manfaat yang sudah dirasakan kini dan kedepannya oleh para perusahaan migas dalam penggunaan drone ini setidaknya meliputi:

Meningkatkan keamanan para pekerja:  pekerja tidak perlu berada di ketinggian tertentu untuk melakukan inspeksi visual maupun thermal, serta tidak perlu masuk ke area yang mengandung unsur atau zat berbahaya yang ada di aset migas.

Waktu pekerjaan lebih cepat: drone dapat digunakan untuk berpindah tempat dari 1 titik ke titik lainnya dalam waktu yang relatif cepat.

Drone mudah dioperasikan: dalam waktu sebentar, drone dapat siap dioperasikan. Selain itu, perusahaan juga dapat melatih pekerja untuk mengoperasikannya.

Meningkatkan produktivitas: drone dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan waktu shutdown dari sebuah object yang di inspeksi, sehingga proses operasional tidak tertanggu.

Jangkauan yang luas: Drone dapat menjangkau area yang luas dalam sekali terbang, serta dapat menjangkau wilayah yang sulit atau tidak bisa dijangkau oleh pekerja. 

Meningkatkan komunikasi: Data hasil drone nantinya akan berada di satu platform yang dapat diakses pekerja secara bersamaan, sehingga tidak tidak ada miss komunikasi dan dapat mempercepat suatu keputusan. 

Sebagai perusahaan penyedia jasa dan teknologi drone, Terra Drone melalui partner grup yang tersebar di banyak negara, terus berinovasi dan mendatangkan teknologi-teknologi canggih untuk bisa diaplikasikan ke banyak perusahaan migas di Indonesia. Beragam pilihan solusi dapat disesuaikan dengan kebutuhan klien. Dari pengalaman dengan banyak perusahaan migas pula, Terra Drone terus meningkatkan keamanan dan keselamatan melalui para tim yang dibekali ilmu tentang drone secara lengkap. Diharapkan kedepannya, solusi yang diberikan teknologi drone terus berkembang dan menjadi bagian tetap dalam operasi di wilayah migas.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Halo, ada yang bisa kami bantu?