Drone UT Thickness Di Tube Boiler Power Plant - Terra Drone Indonesia

Drone UT Thickness Di Tube Boiler Power Plant

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin


Drone UT Thickness

Pengukuran ketebalan material logam atau baja menggunakan metode Ultrasonic adalah salah satu metode Non-Destructive Test (NDT). Metode ini digunakan di berbagai macam struktur boiler. Boiler yang temperaturnya bisa mencapai 800 derajat Celcius, dapat menyebabkan formasi material baru, baik di dalam maupun permukaan luar tube boiler.

Penggunaan drone di tube boiler

Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, drone tidak hanya digunakan untuk keperluan kegiatan inspeksi visual, drone juga dimanfaatkan untuk melakukan pengujian ketebalan logam. Teknologi ini menggabungkan teknologi drone dengan Probe UT Thickness yang biasa digunakan untuk pengukuran ketebalan logam.

Drone UT pun bisa diaplikasikan untuk kegiatan pengukuran ketebalan tube di dalam boiler. Advantage yang ditawarkan dari pengukuran UT Thickness menggunakan drone yaitu downtime relatif lebih singkat dan biaya yang lebih rendah.

Downtime lebih singkat karena drone memiliki kemampuan tahan panas yang lebih tinggi dibanding manusia sehingga waktu tunggu suhu boiler turun ke level tertentu relatif lebih singkat dan juga pengurangan penggunaan scaffold dimana instalasinya membutuhkan waktu yang relatif lama dan biaya yang cukup tinggi.

Hal lain yang tidak kalah penting yaitu penggunaan Drone ini dapat meminimalisir resiko keselamatan dari inspector yang wajib masuk ke dalam boiler.

Penggunaan drone di chimney

Saat ini Terra Drone sudah melakukan pengukuran ketebalan permukaan logam menggunakan Drone UT Thickness di sekitar lebih dari 200 tangki, boiler, jetty dan struktur baja lainnya. Drone yang digunakan pun memiliki spesifikasi yang dapat menyesuaikan ke masing-masing object, roof, wall dan juga beam.

Penggunaan Drone ini sangat tepat apabila object sedang dalam masa temporary shutdown. Tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi kondisi terkini pada object, dan nantinya informasi tersebut digunakan sebagai dasar perhitungan biaya maintenance atau perbaikan.

Teknologi drone ini pun sudah digunakan oleh berbagai klien seperti chemical plant, food processing plant, off-shore platform milik oil and gas, dan refinery.

Beberapa drone UT Drone untuk Roof, Wall dan Beam

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Halo, ada yang bisa kami bantu?