Terra Drone Indonesia Survey Jalur Transmisi Listrik PLN Menggunakan Drone di Sulawesi

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Pemeliharaan jaringan listrik PLN - Terra Drone Indonesia

Terra Drone Indonesia berhasil melakukan pekerjaan survei udara untuk manajemen vegetasi jalur transmisi listrik menggunakan drone. Pekerjaan tersebut dilakukan pada jalur transmisi listrik milik PLN dengan total panjang koridor ± 30 km di Sulawesi. Salah satu tujuan dari pekerjaan survei tersebut adalah untuk memastikan jalur listrik milik PLN tidak terganggu dari objek-objek sekitarnya ataupun risiko yang akan timbul dari cuaca buruk. Mulainya musim hujan disertai angin kencang di beberapa wilayah di Indonesia dapat menimbulkan risiko pohon tumbang dan menimpa jalur transmisi listrik, sehingga menyebabkan kerusakan hingga pemadaman listrik.

Jalur transmisi listrik milik PLN yang berada di hutan tidak sama dengan jalur transmisi listrik di area permukiman. Jalur transmisi tersebut menghubungkan wilayah-wilayah utama dalam provinsi. Jika adanya gangguan, maka satu provinsi kemungkinan akan terkena dampak. Selain itu, jalur transmisi listrik di tengah hutan tidak terpantau secara langsung oleh manusia. Cara yang biasa dilakukan oleh PLN untuk memantau transmisi listrik di tengah hutan ialah dengan menerjunkan langsung personil untuk menyusuri hutan. Cara tersebut kurang efisien karena membutuhkan waktu lama, kondisi lapangan yang berat dan cuaca yang tidak menentu. Titik kerusakan pada jalur transmisi listrik pun akan terlambat untuk diketahui, sehingga penanganannya pun akan memakan waktu lebih lama.

Survey Jalur transmisi listrik di hutan dapat diketahui kondisinya secara aktual tanpa mengharuskan personel untuk terjun langsung ke lapangan. Data yang dihasilkannya pun sangat jelas dan terperinci. Jika terdapat objek-objek yang terlalu dekat dengan transmisi listrik, para personel lapangan dapat langsung menuju titik tersebut untuk melakukan penanganan. Kegiatan survei untuk manajemen vegetasi pun dapat dilakukan lebih sering dan berkala karena drone dapat mengambil data di area luas dalam sekali terbang, dengan biaya yang lebih terjangkau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERRA DRONE INDONESIA
Terra Drone Indonesia is part of Terra Drone Group which focus on providing services to construction, mining, oil & gas, energy, and utilities industry.

KANTOR JAKARTA
CoHive 101 Floor 7 Unit 3,
Kawasan Mega Kuningan
DKI Jakarta 12950, Indonesia

Email: info@terra-drone.co.id
Telp: +62812 6559 4857

KANTOR BANDUNG
Ruko Paskal Hyper Square B-18
Jl. Pasir Kaliki No. 25-27
Bandung 40181, Indonesia

Email: info@terra-drone.co.id
Telp: +6222 860 60959

Open chat
Halo, ada yang bisa kami bantu?