Drone untuk Inspeksi Visual dan UT Thickness Pada Tangki

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
source : Flyability

Inspeksi tangki menggunakan drone merupakan kegiatan yang dalam beberapa tahun ini sudah banyak dilakukan beberapa perusahaan migas dunia. Tangki sendiri merupakan salah satu infrastruktur yang digunakan untuk menampung berbamacam cairan, gas, minyak, fluida dan lainnya. Bahan-bahan tersebut sangat berpotensi mengalami malfungsi, salah satunya kebocoran. Oleh sebab itu, perusahaan minyak dan gas perlu melakukan inspeksi secara berkala untuk mencegah terjadinya kebocoran pada tangki tersebut.

Tidak hanya dimanfaatkan dalam survey pemetaan, beberapa drone diciptakan memang khusus untuk melakukan inspeksi di area-area yang dianggap cukup berbahaya untuk dimasuki oleh manusia seperti tangki. Inspeksi tangki menggunakan drone mengurangi resiko manusia terpapar partikel berbahaya dan juga mengurangi waktu downtime. Hal tersebut menjawab faktor penting dalam kegiatan inspeksi di perusahaan minyak dan gas yang sangat mengutamakan keselamatan para pekerja.

Selain itu, drone ini memiliki kemampuan untuk menjangkau ke hampir seluruh bagian dari tangki dan merekam gambar dari jarak yang sangat dekat dengan hasil yang jelas. Seperti yang kita pahami, kegiatan inspeski visual memerlukan data berupa visual dari objek yang diinspeksi, semakin bagus visualisasi tersebut maka semakin baik inspector dalam melakukan analisa. Analisa ini amat penting untuk dijadikan tidak hanya untuk estimasi biaya perbaikan tetapi juga untuk menentukan umur tangki tersebut.

Inspeksi visual tangki menggunakan drone

Seiring dengan perkembangan teknologi drone yang pesat, drone juga dimanfaatkan untuk mengukur ketebalan dinding tangki. Mengintegrasikan teknologi drone sebagai wahana dengan UT Probe dan gel couplant, drone dapat melakukan 300 titik pengukuran dalam 1 hari. Hasil pengukuran ditransmisikan secara wireless dari drone menuju PC atau laptop.  Selain tangki, Drone UT ini dapat digunakan di beberapa objek lain seperti boiler, pipeline, FPSO tank dan objek lainnya.

Ultrasonic Test Drone
Grafik UT dapat dilihat dari ground monitor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TERRA DRONE INDONESIA
Terra Drone Indonesia is part of Terra Drone Group which focus on providing services to construction, mining, oil & gas, energy, and utilities industry.

JAKARTA OFFICE
CoHive 101 Floor 7 Unit 3,
Kawasan Mega Kuningan
DKI Jakarta 12950, Indonesia

Mail: info@terra-drone.co.id
Telp: +62812 6559 4857

BANDUNG OFFICE
Ruko Paskal Hyper Square B-18
Jl. Pasir Kaliki No. 25-27
Bandung 40181, Indonesia

Mail: info@terra-drone.co.id
Phone: +6222 860 60959