Terra Drone Indonesia Uji Cobakan Pelaporan Tiga Dimensi Capaian Konstruksi Pembangkit Listrik Menggunakan Drone

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Drone Indonesia - Terra Drone Indoensia - Drone untuk proyek PLN

Belum lama ini Terra Drone Indonesia melakukan kegiatan uji coba penggunaan teknologi drone bersama dengan Project Management Office (PMO) PT PLN (Persero). Kegiatan tersebut bertujuan untuk menguji kemampuan drone dalam menyajikan visualisasi capaian proyek melalui model tiga dimensi. Kegiatan dilakukan di 2 lokasi yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Lontar, serta Gardu Induk (GI) Tangerang Baru 2. Ini merupakan salah satu pemanfaatan drone untuk keperluan manajemen proyek.

Sebelumnya, drone juga sudah banyak digunakan untuk mendokumentasikan capaian proyek konstruksi di berbagai sektor. Namun, umumnya tampilan yang disajikan hanya berbentuk foto ataupun video. Hal ini memberikan batasan kepada tim manajemen proyek untuk melihat capaian secara menyeluruh. Terra Drone Indonesia mencoba menjawab permasalahan ini dengan memperkenalkan teknik pembuatan model tiga dimensi menggunakan drone. Dengan data yang dihasilkan, tim manajemen proyek dapat mengeksplorasi model secara interaktif untuk mendalami dan memperhatikan lokasi-lokasi tertentu secara lebih seksama.

Drone Indonesia - Terra Drone Indoensia - Drone untuk proyek PLN

Contoh hasil model tiga dimensi dari PLTU Lontar

Model tiga dimensi tersebut juga dapat ditampilkan secara online, dan diintegrasikan dengan sistem manajemen proyek yang sudah dimiliki oleh PLN sebelumnya. Dengan begitu, inovasi pemanfaatan drone di sektor kelistrikan tersebut dapat dirasakan manfaatnya tanpa perlu melalui proses yang panjang.

Sebelumnya Terra Drone Indonesia sudah melakukan banyak kerjasama dengan PLN, salah satunya untuk pekerjaan manajemen vegetasi, monitor jalur transmisi listrik, survey dan pekerjaan lainnya menggunakan drone. Drone menjadi alternatif menarik yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai jenis kegiatan di konstruksi karena dapat menjangkau area yang cukup luas, mengurangi risiko kerja pada pekerja, serta hasilnya dapat disajikan dalam bentuk laporan yang komprehensif serta model-model interaktif. Oleh karena manfaat tersebut, saat ini drone semakin sering dijadikan pilihan dalam banyak industri komersial tak terkecuali industri energi atau listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TERRA DRONE INDONESIA
Terra Drone Indonesia is part of Terra Drone Group which focus on providing services to construction, mining, oil & gas, energy, and utilities industry.

JAKARTA OFFICE
CoHive 101 Floor 7 Unit 3,
Kawasan Mega Kuningan
DKI Jakarta 12950, Indonesia

Mail: info@terra-drone.co.id
Telp: +62812 6559 4857

BANDUNG OFFICE
Ruko Paskal Hyper Square B-18
Jl. Pasir Kaliki No. 25-27
Bandung 40181, Indonesia

Mail: info@terra-drone.co.id
Phone: +6222 860 60959