Terra Drone Indonesia Beri Pelatihan Drone untuk Mapping kepada PT Acset Indonusa Tbk

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Terra Drone Indonesia, salah satu perusahaan penyedia solusi drone industri, telah memberikan pelatihan pengoperasian drone untuk kebutuhan mapping kepada karyawan PT Acset Indonusa Tbk (Acset), selama 5 hari yang berlangsung pada tanggal 3-7 Agustus 2020. PT Acset sendiri merupakan anak perusahaan dari PT United Tractors Tbk yang bergerak di bidang bergerak di bidang pondasi, building, dan infrastructure, yang tergabung dalam ASTRA Group. Dalam pelatihan tersebut, peserta dibekali dengan berbagai penjelasan mengenai dasar-dasar dan prosedur operasi drone, regulasi drone yang berlaku di Indonesia, simulasi penerbangan, hingga praktik pengoperasian drone. Masih dalam situasi Pandemi COVID19, pelatihan tersebut dilaksanakan secara virtual selama pemberian teori dan pengolahan data, sedangkan praktik pengoperasian drone dilakukan secara langsung di wisma Aldiron, Jakarta, dengan tetap mengikuti protokol kesehatan dan keselamatan.

Saat ini, berbagai macam ukuran dan fungsi drone dapat dengan mudah dibeli, dan digunakan tidak hanya untuk kebutuhan hobi dan hiburan namun juga untuk berbagai pekerjaan di sektor industri. Drone yang digunakan untuk pekerjaan industri, seperti konstruksi dan infrastruktur, tentu harus dioperasikan oleh pilot yang terlatih dan paham aturan untuk mengurangi risiko yang timbul dari operasi drone. Maka dari itu, perusahaan harus memastikan agar drone dioperasikan oleh orang yang tepat dengan memberikan pelatihan kepada calon pilot drone agar dapat menguasai tidak hanya kemampuan yang handal, namun juga pengetahuan yang mendalam, sehingga pelatihan sangat penting bagi para calon pilot drone. Sebelumnya Terra Drone Indonesia sudah memberikan pelatihan ke beberapa perusahaan di sektor lain, salah satunya pelatihan untuk perusahaan tambang.

Drone sudah banyak diadopsi untuk membantu beberapa pekerjaan salah satunya pemetaan.  Keuntungannya lebih signifikan dibandingkan menggunakan cara konvensional. Dengan drone, berbagai aktivitas di proyek konstruksi seperti pemetaan, dokumentasi capaian konstruksi, inspeksi bangunan, dan berbagai aplikasi lainnya dapat dilakukan dengan mudah dan aman, serta dapat meningkatkan akurasi serta efisiensi dari segi biaya dan waktu. Tidak mengherankan sudah semakin banyak perusahaan konstruksi yang menjadikan drone sebagai salah satu investasi yang mereka miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TERRA DRONE INDONESIA
Terra Drone Indonesia is part of Terra Drone Group which focus on providing services to construction, mining, oil & gas, energy, and utilities industry.

JAKARTA OFFICE
CoHive 101 Floor 7 Unit 3,
Kawasan Mega Kuningan
DKI Jakarta 12950, Indonesia

Mail: info@terra-drone.co.id
Telp: +62812 6559 4857

BANDUNG OFFICE
Ruko Paskal Hyper Square B-18
Jl. Pasir Kaliki No. 25-27
Bandung 40181, Indonesia

Mail: info@terra-drone.co.id
Phone: +6222 860 60959