Terra Drone Indonesia Mendapatkan Izin Operasi BVLOS Komersial Pertama di Indonesia

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Terra Drone Indonesia kembali mengukir sejarah setelah berhasil mendapatkan izin pengoperasian drone jarak jauh atau yang lebih dikenal dengan istilah Beyond Visual Line of Sight (BVLOS) yang dikeluarkan oleh Direktorat Kelaikudaraan & Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU), Dirjen Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Dengan diperolehnya izin operasi BVLOS drone tersebut, Terra Drone Indonesia akan dapat memanfaatkan potensi penggunaan drone secara utuh dan maksimal, terutama untuk misi seperti survei, pengawasan, dan patroli.

Seperti yang diketahui, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia sudah memiliki aturan terkait drone dalam bentuk Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil (PKPS) Bagian 107 yang mengatur tentang small Unmanned Aircraft System (sUAS) atau sistem pesawat tanpa awak kecil dengan berat maksimal 25 kilogram. Peraturan ini diperkenalkan melalui Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 163 Tahun 2015, yang berarti sudah berlaku sejak 5 tahun yang lalu. Peraturan ini mengatur banyak hal, termasuk batasan-batasan yang harus diikuti pilot drone seperti larangan terbang di atas kerumunan, larangan terbang dalam keadaan mabuk, dan larangan terbang di luar pandangan mata (Beyond Visual Line of Sight/BVLOS).

PKPS Bagian 107 disusun dan diperkenalkan kepada masyarakat sebagai upaya pemerintah menjamin keselamatan penerbangan sipil, karena drone berbagi ruang dengan pengguna ruang udara lainnya. Oleh karenanya, banyak hal yang perlu diperhatikan agar dapat menerbangkan drone secara aman. Tidak mudah bagi banyak otoritas penerbangan sipil di dunia untuk mengeluarkan izin tersebut dikarenakan risikonya yang sangat tinggi. Namun, dengan pengalaman dan sistem manajemen risiko yang Terra Drone Indonesia miliki, izin operasi BVLOS drone tersebut bisa didapatkan.

“Prosedur operasi yang matang dan teruji menjadi kunci dapat diperolehnya izin ini dari otoritas penerbangan sipil di Indonesia. Terra Drone Indonesia terus berkomitmen untuk memperkenalkan manfaat teknologi drone melalui pengoperasian yang aman, serta mendukung pemerintah dalam menjamin keselamatan penerbangan sipil,” jelas Michael Wishnu Wardana, CEO Terra Drone Indonesia.

Terra Drone Indonesia

Kemudahan operasi & akses serta keterjangkauannya, teknologi drone saat ini semakin banyak diadaptasi oleh banyak industri. Namun, keselamatan operasi benar-benar perlu diperhatikan untuk mendukung penerbangan sipil yang aman dan selamat. Untuk itu, Terra Drone Indonesia akan terus memberikan contoh yang baik, serta akan membantu pemerintah dalam melakukan sosialisasi aturan-aturan yang berlaku melalui kegiatan promosi, keterlibatan dalam forum dan asosiasi, serta edukasi kepada para pelanggan.

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TERRA DRONE INDONESIA
Terra Drone Indonesia is part of Terra Drone Group which focus on providing services to construction, mining, oil & gas, energy, and utilities industry.

JAKARTA OFFICE
CoHive 101 Floor 7 Unit 3,
Kawasan Mega Kuningan
DKI Jakarta 12950, Indonesia

Mail: info@terra-drone.co.id
Telp: +62812 6559 4857

BANDUNG OFFICE
Ruko Paskal Hyper Square B-18
Jl. Pasir Kaliki No. 25-27
Bandung 40181, Indonesia

Mail: info@terra-drone.co.id
Phone: +6222 860 60959