Peran Drone di Masa Pandemi Virus Corona

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Penyebaran virus corona belum bisa dipastikan kapan akan berakhir. Sejak beberapa bulan lalu, berbagai aktivitas manusia dibatasi untuk menekan penyebaran virus. Dengan dibatasinya aktivitas manusia, diperlukan alternatif untuk membantu beberapa pekerjaan serta memerangi virus corona dengan seminim mungkin kontak manusia. Alternatif tersebut salah satunya hadir dari teknologi drone. Di beberapa negara, salah satunya Indonesia, berita tentang drone di masa pandemi dapat ditemui dengan berbagai pemanfaatannya. Terra Drone Corporation, sebagai perusahaan penyedia drone industri terbesar di dunia, ikut serta membantu berbagai pihak dalam mempermudah pekerjaan di masa pandemi menggunakan drone.

Base Lepas landas dan mendarat drone di pusat kendali penyakit di Kabupaten Xinchang

Salah satu grup perusahaan Terra Drone Corporation di Cina, Antwork, membantu memerangi corona dengan drone pengiriman medis. Selama periode pencegahan dan pengendalian epidemi, Antwork mengambil inisiatif untuk mengambil drone jenis RA3 dan tr7s, serta menggunakan stasiun tak berawak RH1, sebagai solusi teknis untuk mengangkut sampel medis dan bahan berbahaya antara Rumah Sakit Rakyat Kabupaten Xinchang, pusat kontrol penyakit Kabupaten Xinchang, dan Rumah Sakit Rakyat Kabupaten Xinchang cabang Dashiju.

Drone KazUAV lepas landas untuk memantau perbatasan ibukota Nur-Sultan, Kazakh

Di Eropa tepatnya di Kazahstan, grup perusahaan Terra Drone Corporation lainnya, membantu Departemen Kepolisian Nur-Sultan menggunakan drone untuk berpatroli dan memantau pergerakan perbatasan ilegal guna memperlambat penyebaran infeksi virus corona. Baca selengkapnya di sini.

Selain itu, drone telah digunakan untuk membantu dalam penyemprotan disinfektan. Drone yang digunakan adalah drone yang sebelumnya diperuntukan untuk penyemprotan di perkebunan. Dengan menggunakan drone, area yang dilakukan penyemprotan lebih luas bahkan mampu masuk ke gang-gang sempit sehingga sangat efektif. Di beberapa negara pula, drone sudah digunakan sebagai pemantauan kerumunan sekaligus mendeteksi suhu tubuh sehingga dapat mengidentifikasi orang yang berpotensi terkena virus. Dari berbagai pemanfataan tersebut, diharapkan drone terus dapat memberi andil sebagai solusi yang inovatif di bidang kesehatan dan kemanusiaaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TERRA DRONE INDONESIA
Terra Drone Indonesia is part of Terra Drone Group which focus on providing services to construction, mining, oil & gas, energy, and utilities industry.

JAKARTA OFFICE
CoHive 101 Floor 7 Unit 3,
Kawasan Mega Kuningan
DKI Jakarta 12950, Indonesia

Mail: info@terra-drone.co.id
Telp: +62812 6559 4857

BANDUNG OFFICE
Ruko Paskal Hyper Square B-18
Jl. Pasir Kaliki No. 25-27
Bandung 40181, Indonesia

Mail: info@terra-drone.co.id
Phone: +6222 860 60959