Pentingnya Pelatihan Pengoperasian Drone bagi Operator

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Teknologi drone semakin menjangkau berbagai kalangan masyarakat di Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dari mudahnya pembelian drone berbagai seri dengan harga yang bervariatif pula, terbentuknya komunitas-komunitas pencinta drone di berbagai kota, hingga penyelenggaraan kegiatan seperti festival atau lomba mengenai drone yang mulai dibuat rutin. Penggunaanya pun mulai beragam, yang telah lama digunakan ialah untuk kepentingan militer hingga yang sedang digandrungi saat ini seperti untuk dokumentasi kegiatan, survey dai pemetaan di berbagai bidang industri, hingga untuk hobi. Namun, banyak para pengguna drone yang belum mengetahui lebih dalam tentang pengoperasian drone, mulai dari peraturan-peraturan yang berlaku, hingga syarat dalam pengoperasian drone sesuai kebutuhan penggunaanya. Para pengguna drone untuk segala macam kebutuhan memang diharuskan untuk paham akan operasi drone karena selain terdapat banyak pemanfaatannya, terdapat pula risiko dampak berbahaya jika tidak dikendalikan oleh pilot yang kompeten.

Dalam mengisi kebutuhan para pengguna drone agar paham tentang penggunaan drone secara lengkap, peraturan-peraturan mengenai pengoperasian drone, sertifikasi pilot drone, dan lainnya, telah banyak tempat yang menyediakan pelatihan operasi drone saat ini. Skema pelatihan yang ditawarkan pun beragam, karena pelatihan drone tidak hanya menargetkan para pemula pengguna drone saja tetapi juga perusahaan-perusahaan yang telah paham akan manfaat dari teknologi drone itu sendiri, sebab saat ini sudah banyak perusahaan yang memang telah memiki drone namun sayangnya tidak mengerti penggunaanya sehingga Return on Investment yang diperoleh dari drone tersebut tidak maksimal.

Tim Terra Drone Indonesia dan peserta pelatihan dalam sesi praktik pengoperasian drone

Melihat hal tersebut, Terra Drone Indonesia yang telah berpengalaman sebagai penyedia jasa pemanfaatan drone di berbagai sektor industri saat ini menyediakan jasa pelatihan dan konsultansi untuk penggunaan drone. Skema yang di berikan dalam pelatihan penggunaan drone dan konsultasi pun beragam mulai dari menyusun manajemen kualitas & risiko, bagi para perusahaan yang mengikuti pelatihan pengoperasian drone agar tercipta pemanfaatan drone yang berkelanjutan. Penyusunan sistem tersebut mencakup: penyusunan kebijakan & program perawatan, penyusunan prosedur operasi & manual penggunaan, penilaian risiko & analisis keselamatan, rekomendasi program mitigasi risiko, dan pengurusan asuransi drone.

Selain itu, pelatihan pengoperasian drone yang disediakan mencakup: dasar pengoperasian drone, pemetaan udara menggunakan drone, dokumentasi & patroli udara menggunakan drone, persiapan sertifikasi operator, pemantauan kondisi jalur SUTT menggunakan drone, dan lain-lain. Terdapat pula pengembangan sistem informasi yang ditujukan agar pengelolaan tim dan drone menjadi lebih praktis dan informatif. Sistem informasi akan disesuaikan dengan program, jumlah tim operator, jumlah drone, serta kelengkapan alat yang dimiliki. Selain itu, sistem informasi operasi drone juga dapat diintegrasikan dengan sistem informasi lain yang dimiliki perusahaan seperti sistem informasi manajemen proyek, sistem informasi keuangan, hingga sistem informasi ketenagakerjaan. Tak lupa pula dengan pemenuhan persyaratan sesuai regulasi dan proses sertifikasi registrasi, sesuai dengan peraturan menteri yang berlaku, serta membantu perusahaan untuk melakukan tinjauan lokasi serta mengurus izin-izin yang akan dijadikan wilayah operasi drone nantinya. Perusahaan-perusahaan yang pernah mengikuti pelatihan dari kami antara lain ialah perusahaan tambang Amman Mineral, PT PLN (Persero) wilayah Kaselteng dimana pelatihan dilakukan untuk kegiatan pengawasan jalur SUTT di wilayah Kalimantan Selatan, Total E&P Indonesie yang mengikuti pelatihan pengoperasian drone untuk memanfaatkan drone yang mereka miliki untuk berbagai keperluan, termasuk diantaranya inspeksi fasilitas produksi hingga patroli keamanan jalur pipa, Kementrian ESDM guna mendukung pemenuhan kebutuhan informasi di level kementerian, dan lain-lain. Dengan adanya pelatihan drone ini, diharapkan dapat terus menjadi sarana untuk masyarakat Indonesia agar dapat berkembangnya pemanfaatan dan pengoperasian drone secara tepat, aman dan bertanggung jawab.

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TERRA DRONE INDONESIA
Terra Drone Indonesia is part of Terra Drone Group which focus on providing services to construction, mining, oil & gas, energy, and utilities industry.

JAKARTA OFFICE
CoHive 101 Floor 7 Unit 3,
Kawasan Mega Kuningan
DKI Jakarta 12950, Indonesia

Mail: info@terra-drone.co.id
Telp: +62812 6559 4857

BANDUNG OFFICE
Ruko Paskal Hyper Square B-18
Jl. Pasir Kaliki No. 25-27
Bandung 40181, Indonesia

Mail: info@terra-drone.co.id
Phone: +6222 860 60959