Aplikasi Drone Industri pada Berbagai Sektor di Indonesia

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Berawal dari perkebunan kelapa sawit

Aplikasi drone sebagai peran dalam industri berawal dari sektor industri perkebunan kelapa sawit. Sektor perkebunan kelapa sawit merupakan industri pertama di Indonesia yang mengadaptasi pemanfaatan drone dalam kegiatan operasional harian mereka. Teknologi drone dinilai cukup praktis dan ekonomis bagi industri tersebut untuk dapat menyajikan informasi yang aktual serta faktual mengenai kondisi perkebunan secara berkala, yang ditujukan untuk memberikan insight bagi manajemen untuk dapat menilai kinerja pengelolaan kebun secara akurat.

Penggunaan drone di wilayah operasi sektor minyak dan gas

Pemanfaatan drone masuki sektor lain

Seiring dengan semakin cepatnya perkembangan teknologi drone, sektor-sektor industri lainpun mulai melirik drone sebagai opsi teknologi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja mereka, terutama dalam hal pengambilan keputusan. Sektor-sektor yang dimaksud mencakup infrastruktur, minyak & gas, agrikultur, hingga konstruksi. Semakin tersedianya drone dengan harga yang relatif ekonomis juga semakin membuka wawasan pelaku industri mengenai peluang aplikasi drone dalam bisnis mereka. Penanganan kebakaran hutan, penghitungan jumlah pokok tanaman, identifikasi perubahan lingkungan akibat tumpahan minyak, pengawasan jalur transmisi dari aktivitas pihak ketiga, peninjauan fase tanam perkebunan palawija, dokumentasi capaian pembangunan, serta penghitungan estimasi kebutuhan cut & fill merupakan sedikit dari sekian banyak aplikasi drone yang dapat diwujudkan seiring perkembangannya.

Keterbukaan pemerintah terhadap drone

Selain itu, beberapa peraturan serta kebijakan pemerintah juga saat ini sudah mendukung penggunaan drone dalam beberapa agenda pemerintah ataupun industri. Sebagai contoh, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Peraturan Menteri No P.32/MenLHK/Setjen/Kum.1/3/2016 mewajibkan perusahaan untuk memiliki alat deteksi dini kebakaran hutan, salah satunya yaitu teknologi drone. Badan Pertanahan Nasional melalui Petunjuk Teknis No 02/JUKNIS-300/2017 juga menjelaskan mengenai standar penggunaan drone untuk pembuatan peta kerja dalam rangka percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Presiden Jokowi, kepada Calon Perwira Remaja Akademi TNI dan Polri juga secara jelas menyampaikan bahwa teknologi cyber security dan drone harus dapat dikuasai demi kesatuan dan keamanan negara di era informasi teknologi ini, yang berarti pemerintah memang sudah sepenuhnya sadar akan manfaat drone untuk berbagai aplikasi.

Alasan dibalik meluasnya penerapan drone

Yang mendasari mengapa penggunaan drone menjadi penting adalah karena teknologi tersebut dapat menyajikan informasi secara praktis – mudah dioperasikan tanpa perlu keahlian khusus – serta otentik, sehingga dapat mendukung proses pengambilan keputusan strategis berbasis data dan informasi. Dengan sedikit penyesuaian pada teknologi serta metode, drone dapat dengan mudah membantu pelaku industri dalam mengidentifikasi masalah-masalah mendasar demi operasi bisnis yang lebih efisien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TERRA DRONE INDONESIA
Terra Drone Indonesia is part of Terra Drone Group which focus on providing services to construction, mining, oil & gas, energy, and utilities industry.

JAKARTA OFFICE
CoHive 101 Floor 7 Unit 3,
Kawasan Mega Kuningan
DKI Jakarta 12950, Indonesia

Mail: info@terra-drone.co.id
Telp: +62812 6559 4857

BANDUNG OFFICE
Ruko Paskal Hyper Square B-18
Jl. Pasir Kaliki No. 25-27
Bandung 40181, Indonesia

Mail: info@terra-drone.co.id
Phone: +6222 860 60959