Tim Terra Drone Indonesia dan para inspektur pesawat angkat migas
Tim Terra Drone Indonesia dan para inspektur pesawat angkat migas

Terra Drone Indonesia memenuhi undangan untuk menjadi pengisi acara workshop dan membahas mengenai drone untuk inspeksi crane yang diselenggarakan oleh Indonesian Petroleum Association (IPA) pada 25 September lalu. Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Ari Wibowo, Direktur Teknis Migas, dan para inspektur pesawat angkat dari seluruh Indonesia. Para peserta yang berjumlah lebih dari 50 orang tersebut berasal dari berbagai perusahaan minyak dan gas antara lain Medco Energi, Ophir Energy, Pertamina, Chevron, dan perusahaan migas lainnya.

Workshop yang berlangsung selama 2 minggu tersebut diselenggarakan di hotel Travello, Bandung. Terra Drone Indonesia sendiri sebelumnya telah bekerjasama dengan Pertamina Hulu Mahakam yang telah memanfaatkan drone untuk berbagai pekerjaan. Hal tersebut menjadi dasar diundangnya Terra Drone Indonesia sebagai salah satu narasumber di kegiatan workshop ini.

Presentasi Terra Drone Indonesia mengenai inspeksi tank
Presentasi Terra Drone Indonesia mengenai inspeksi tank

Dalam kesempatan tersebut, Terra Drone Indonesia yang diwakilkan oleh Ray Ozma sebagai CTO, menjelaskan bagaimana drone dapat membantu inspeksi pesawat angkat atau crane dengan aman serta efisien. Dengan inspeksi crane menggunakan drone, dapat dilihat dengan jelas kondisi crane di bagian-bagian seperti rangka-rangk jib, mast hingga ke kondisi baut pada crane. Mengingat fungsi crane yang mengangkut dan memindahkan barang yang memiliki nilai, fungsi dan resiko kecelakaan, maka crane harus diperiksa agar tetap beroperasi sesuai standar dan spesifikasinya. Tidak hanya kondisi crane yang harus dalam kondisi yang baik, para inspekturnya pun harus berkompeten dan dapat memberikan penilaian atas kelayakan crane yang akan digunakan.

 Dalam kegiatan tersebut, para peserta sangat tertarik dengan teknologi drone yang dapat membantu berbagai pekerjaan di sektor migas. Hal tersebut dilihat dari banyaknya masukan dan pertanyaan selama sesi diskusi berlangsung. Selain untuk inspeksi crane, drone dapat melakukan banyak pekerjaan inspeksi salah satunya ialah inspeksi tank, flare stack, dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *