Drone lepas landas untuk inspeksi SUTT

Saluran udara tegangan tinggi yang terbentang melewati pegunungan, hutan, pemukiman, sawah, ladang, sungai, jalan raya dan lainnya memiliki berbagai risiko kerusakan. Kendala-kendala teknis kerap kali terjadi dan menimbulkan dampak yang tidak kecil. Upaya untuk meminimalisir kesalahan yang dilakukan PLN dalam penyaluran tenaga listrik kepada konsumen salah satunya adalah pemeliharaan yang baik dan benar. Drone untuk SUTT menjadi pilihan dalam pemeliharaan saluran transmisi dapat memegang peranan sebagai solusi yang sangat penting dalam menunjang kualitas dan keandalan penyediaan tenaga listrik kepada konsumen. 

Salah satu masalah yang sering dihadapi PLN dalam pemeliharaan saluran udara tegangan tinggi adalah ruang bebas yang tidak diketahui dengan pasti apakah masih berada di batas wajar atau tidak. Peraturan mengenai ruang bebas ini sebenarnya sudah dituangkan dalam peraturan menteri ESDM no. 18 tahun 2015, didalamnya menyebutkan ruang bebas adalah ruang yang dibatasi oleh bidang vertikal dan horizontal di sekeliling dan di sepanjang konduktor SUTT dimana tidak boleh ada benda di dalamnya demi keselamatan manusia, makhluk hidup, dan benda lainnya serta keamanan operasi SUTT. Dalam peraturan tersebut juga sudah mencakup ukuran pasti jarak bidang vertikal dan horizontal dari tiap SUTT yang terpasang. 

Inspeksi menggunakan drone secara realtime

Dengan adanya peraturan mengenai jarak bidang vertikal dan horizontal, maka sudah menjadi kewajiban bagi PLN  untuk melakukan pemeriksaan yang rutin. Kendala utama saat melaksanakan pemeliharaan transmisi adalah panjang jaringan dan letak tower yang dilalui jaringan transmisi tersebut. Personil diminta untuk memeriksa keadaan tower dimana lokasi pemasangan tidak melulu berada di area umum/ terbuka. Hal tersebut cukup berbahaya dan memakan waktu cukup lama jika dilakukan secara manual. 

Dari sanalah penggunaan drone untuk SUTT diunggulkan sebagai alat inspeksi ruang bebas saluran udara tegangan tinggi. Dari segi waktu akan lebih cepat dan keselamatan personil pun jauh lebih terjaga. Terra Drone Indonesia sudah mencoba melakukan pemeriksaan jalur bebas saluran udara tegangan tinggi di Buntok – Muara Teweh, Kalimantan Tengah menggunakan drone untuk SUTT. Dengan lokasi yang pada saat itu didominasi oleh hutan memang akan sulit mengandalkan pemeriksaan manual.