Terra Drone Demonstrasikan Drone untuk Jalur Listrik ke PLN

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Tim Terra Drone Indonesia bersama tim PLN
Tim Terra Drone Indonesia bersama tim PLN

Monitor jalur transmisi listrik merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk memastikan area sekitar perangkat listrik steril dari objek-objek yang berpotensi mengganggu, karena akibat yang dapat terjadi ialah kerusakan hingga contoh kejadiannya ialah padamnya listrik beberapa waktu lalu di Jakarta, Banten, Jabar dan sebagian Jateng. Penyebabnya disinyalir kerusakan jaringan akibat pepohonan tinggi yang mulai melebihi batas aman perangkat listrik. Monitor jalur transmisi listrik sendiri merupakan kegiatan pemeliharaan untuk menjamin keberlangsungan sistem kelistrikan berjalan stabil dan normal.

Terra Drone Indonesia berhasil melakukan demonstrasi kegiatan monitor jalur transmisi listrik menggunakan drone di PLN UP3B Kalimantan Barat pada bulan Juli lalu. Dalam melakukan demonstrasi tersebut, tim Terra Drone yang disaksikan tim teknisi PLN. Hasil data yang dihasilkan dari demonstrasi tersebut berupa point cloud atau model 3 dimensi dari kemudian nantinya dapat dianalisis lebih jauh untuk melihat kondisi perangkat transmisi listrik dan sekitarnya dengan sangat terperinci serta akurasi yang tinggi. Data berupa 3D dari kabel listrik dan menara transmisi dihasilkan oleh perangkat lunak yang dikembangkan bersama Terra Drone dan partner yang berada di Cina. Drone untuk jalur listrik yang digunakan ialah Terra Wing, merupakan drone jenis fixed wing yang didatangkan dari Slovenia.

Monitor jalur listrik PLN Terra Drone Indonesia
Hasil gambar monitor tranmisi jalur listrik PLN menggunakan drone

Teknologi drone untuk jalur listrik dapat melakukan banyak pekerjaan dengan aman dan dengan mudah dioperasikan di ketinggian tertentu sehingga dengan mudah mengcapture bagian-bagian yang dibutuhkan. Kegiatan monitor jalur transmisi listrik sendiri biasa dilakukan oleh para pekerja PLN dengan cara manual yakni dengan berjalan kaki menelusuri jalur transmisi listrik tersebut dan melihatnya dengan mata. Sedangkan jalur transmisi listrik membentang sangat panjang dan perangkatnya berada di ketinggian 50-80 meter. Hal tersebut tentu memakan waktu lama dan tidak akan menghasilkan data/informasi yang jelas.

Sebelumnya, Terra Drone Indonesia pernah melakukan kegiatan serupa di PLN Unit Induk Transmisi (UIT) Jawa Bagian Timur dan Bali (JBTB). Dengan adanya kegiatan demonstrasi drone untuk jalur listrik tersebut, diharapkan kedepannya teknologi drone dapat digunakan dalam berbagai kegiatan lainnya di PLN di berbagai daerah dilihat dari penerapannya yang sangat mengurangi resiko pekerja di area yang berbahaya. Demonstrasi drone untuk jalur listrik akan terus dilakukan untuk terus memperkenalkan pemanfaatannya dalam berbagai aktivitas khususnya di sektor energi dan utilitas.

TERRA DRONE INDONESIA
Terra Drone Indonesia is part of Terra Drone Group which focus on providing services to construction, mining, oil & gas, energy, and utilities industry.

JAKARTA OFFICE
CoHive 101 Floor 7 Unit 3,
Kawasan Mega Kuningan
DKI Jakarta 12950, Indonesia

Mail: info@terra-drone.co.id
Telp: +62812 6559 4857

BANDUNG OFFICE
Ruko Paskal Hyper Square B-18
Jl. Pasir Kaliki No. 25-27
Bandung 40181, Indonesia

Mail: info@terra-drone.co.id
Phone: +6222 860 60959