Michael Wishnu Wardana saat presentasi di CSR Award 2019

Michael Wishnu Wardana saat presentasi di CSR Award 2019

Terra Drone Indonesia berpartisipasi dalam kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Award 2019 yang diselenggarakan oleh Majalah CSR Indonesia & Media Online Csr-Indonesia.com dan Meprindo Communications di Swiss Belresort Watu Jimbar Sanur, Bali. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari (30-31/7) tersebut dikhususkan bagi para perusahaan menampilkan program dan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility masing-masing serta melihat berbagai sisi dari kegiatan CSR tersebut dapat dilakukan.
Dalam hal ini, Terra Drone menampilkan berbagai kegiatan CSR yang telah dilakukan mulai tahun 2013 dan tetap mengandalkan teknologi drone di setiap kegiatanya. Beberapa kegiatan CSR Terra Drone Indonesia tersebut antara lain pemetaan pada kebakaran hutan di gunung Papandayan Garut 2015, pemetaan pasca bencana banjir bandang di Garut tahun 2016, pemetaaan bencana gempa di Lombok pada Juli 2018 hingga yang terakhir pemetaan lokasi bencana alam di Palu. Semua kegiatan tersebut dilakukan karena wahana drone menjadi teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang kebencanaan atau kegiatan sosial lainnya. Dalam bidang kebencanaan, drone dapat digunakan mulai untuk kebutuhan mitigasi bencana alam hingga pasca bencana alam. Sebagai contoh kasus pada bencana alam di Palu, Terra Drone melakukan pemetaan wilayah yang mengalami kerusakan parah menggunakan drone. Hasil dari pemetaan tersebut nantinya dapat digunakan pemerintah untuk kebutuhan konstruksi dalam membangun kembali wilayah tersebut.

Contoh hasil prabencana dan pasca bencana
Contoh hasil prabencana dan pasca bencana

Nantinya semakin banyak teknologi Terra Drone yang dapat digunakan dan dapat memberikan hasil yang bisa dimanfaatkan oleh berbagai beberapa pihak salah satunya pemerintah baik dalam bidang kebencanaan atau sosial lainnya. Semoga kedepannya dapat dilakukan kolaborasi dengan banyak pihak agar teknologi drone semakin menjadi teknologi yang diperhitungkan untuk menunjang banyak kegiatan sosial.