GPR Indonesia Terra Drone
Tim Terra Drone Indonesia saat uji coba GPR

Terra Drone sebagai salah satu perusahaan penyedia jasa pemanfaataan drone terbesar di dunia berkomitmen untuk terus berinovasi dalam hal pemanfaatan teknologi drone dan saat ini sedang melirik solusi baru untuk mendukung kegiatan di konstruksi maupun pertambangan: Ground Penetrating Radar (GPR) menggunakan drone. Saat ini, beberapa uji coba sedang dilakukan di beberapa kasus seperti pembuatan peta jalur pipa bawah tanah, pemodelan struktur tanah pada daerah lembah dan pendeteksian kondisi pipa seberang sungai. Dalam hal ini, Terra Drone menggandeng salah satu partnernya dari Eropa untuk melakukan uji coba tersebut.
Sama halnya dengan LiDAR yang sebelumnya diperkenalkan Terra Drone, GPR bukanlah konsep teknologi yang baru, dan sudah banyak digunakan untuk keperluan pemodelan tanah. Pada prinsipnya, GPR menembakkan gelombang electromagnetik ke dalam tanah, yang kemudian terpantulkan akibat adanya perbedaan karakter dan massa jenis struktur tanah, yang kemudian diterjemahkan oleh geofisikawan untuk memahami secara detail hasil survei tersebut. Proses pengambilan datanya pun tergolong cukup sederhana. Namun, banyak kendala yang terkadang menghambat proses pengambilan data sehingga prosesnya menjadi sulit. Salah satu kendalanya ialah kondisi lapangan yang tidak rata dan berbahaya, akses yang sulit menuju lokasi pemetaan, waktu pekerjaan yang lebih lama, kondisi cuaca dan lainnya. Dengan digunakannya drone, diharapkan kendala tersebut dapat terjawab, sehingga produktivitas scanning GPR dapat meningkat dan nilai ekonomisnya bertambah pesat.

GPR Testing Terra Drone Indonesia
Hasil GPR Testing

Penggunaan teknologi drone yang dapat membawa berbagai sensor untuk kegiatan pemetaan semakin menjadi solusi di berbagai pekerjaan, khusunya yang tinggi akan resiko dan bahaya. Drone dengan waktu terbang yang singkat dapat menjangkau wilayah pemetaan yang luas sehingga efisien dalam waktu namun tetap memberikan hasil yang akurat.
Solusi Drone GPR ini diharapkan dapat menjadi inovasi yang berguna di berbagai sektor. Terra Drone akan mulai menyediakan solusi tersebut di Indonesia pada akhir tahun 2019 ini.