Terra Drone Indonesia Drone untuk listrik
Drone terbang di dekat Substation

Terra Drone Indonesia, bekerja sama dengan PT Preformed Line Products Indonesia (PLP), baru saja melakukan pekerjaan inspeksi pada busbar menggunakan teknologi drone sebagai bagian dari rangkaian kegiatan pengetesan substation baru milik PT Vale Indonesia Tbk di Sorowako, Sulawesi Selatan, 4 Maret 2019 lalu. Busbar sendiri pada perangkat listrik merupakan komponen yang dapat mendistribusikan tenaga listrik.
Tujuan utama dilakukannya inspeksi ini adalah untuk memastikan tidak ada anomali temperatur pada busbar yang telah terpasang. Oleh karenanya, Terra Drone Indonesia menggunakan kamera thermal untuk mengidentifikasi anomali tersebut. Inspeksi menggunakan kamera thermal dilakukan untuk mengetahui temperatur di perangkat listrik.
Sampel Hasil Terra Drone Indonesia Busbar
Sampe Hasil Inspeksi Busbar

Selain itu, Terra Drone Indonesia juga melakukan inspeksi visual pada objek-objek tertentu seperti melihat kondisi bagian cat yang mengelupas, korosi, perforasi, atau bahkan retakan makro. Untuk mengetahui kondisi tersebut, drone menjadi teknologi yang tepat untuk digunakan karena dapat menjangkau titik-titik tersebut secara dekat dengan aman. Pengerjaannya yang cepat dan tetap mengacu pada prosedur yang dimiliki, serta diolah menggunakan software canggih yang dapat memberikan informasi pada setiap komponen kelistrikan lebih jelas dan akurat.
Saat ini, teknologi drone sudah mulai diaplikasikan di berbagai aplikasi di industri kelistrikan di Indonesia karena dapat mengurangi risiko pekerja akibat keterlibatan langsung manusia di wilayah bertegangan tinggi dan berbahaya lainnya.