Drone migas - Terra Drone Indonesia

Keselamatan kerja merupakan salah satu faktor terpenting yang harus diperhatikan oleh setiap perusahaan dan pekerja. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 50 tahun 2012 Tentang Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pasal 1 ayat 2 menyebutkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang selanjutnya disingkat K3 adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi keselamatan dan kesehatan tenaga kerja melalui upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.

Drone dijadikan salah satu upaya untuk mengantisipasi kecelakaan kerja di berbagai sektor perusahaan seperti konstrusksi, minyak dan gas, pertambangan dan sektor lainnya. Khusus di sektor migas, Terra Drone Indonesia berhasil untuk melakukan banyak pekerjaan dengan keamanan dan keselamatan yang dilakukan dengan baik sesuai standar seperti monitor, inspeksi dan pemetaan di berbagai perusahaan migas di Indonesia.

Dalam program HSE sektor minyak dan gas,  Loss Time Injury (LTI) sangat diantisipasi, karena LTI selain mengakibatkan kerugian besar kepada perusahaan juga akan mengakibatkan kerugian yang cukup besar terhadap karyawan atau pekerja. Tahun 2016 seluruh perusahaan minyak dan gas menargetkan Zero Loss Time Injuri (Z-LTI). Penggunaan drone merupakan salah satu langkah untuk mencapai hal tersebut. Drone diakui membantu meminimalisir bahaya yang mungkin terjadi, terkait risiko yang ditimbulkan dengan menggunakaan teknologi lain. Terlebih, dengan pengoperasian yang dikendalikan jarak jauh melalui remote, kecelakan kerja yang fatal hingga mengorbankan pekerja dapat dihindari sebaik mungkin.

Drone migas - Terra Drone Indonesia

Selama melakukan akuisisi data, Tim Terra Drone Indonesia beroperasi dengan standar Health, Savety, and Environment (HSE) yang telah disesuaikan. Selain menggunakan Alat Pelindung Diri, tim didukung dengan prosedur operasi berupa proses take-off drone menggunakan alat pelontar (launcher) dan proses landing menggunakan jaring (net) sehingga tidak membahayakan kru lapangan.

Akuisisi data yang dilakukan tim lapangan nantinya akan diproses kedalam ortophoto mosaic yang kedepannya digunakan sebagai referensi pemetaan udara dan juga monitoring aset di lapangan. Untuk memaksimalkan kegiatan monitoring, selain ortophoto mosaic, Terra Drone Indonesia pula menghasilkan video monitoring dari aset pipa.

Menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) penting bagi setiap orang yang berada di lingkungan kerja. Namun, untuk menjamin keselamatan dan keamanan tenaga kerja bukan hanya ketersediaan Alat Pelindung Diri yang dibutuhkan, terutama untuk perusahaan minyak dan gas dengan area operasi yang sangat berbahaya. Seperti yang selalu dilakukan Terra Drone Indonesia dengan pengoperasian drone yang baik dan benar oleh para pilot drone profesional dengan jam terbang yang tinggi untuk melakukan berbagai pekerjaan di wilayah migas, sehingga mampu meminimalisir gangguan atau pun kecelakaan kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *