Terra Drone Indonesia - Waskita Karya

Terra Drone Indonesia baru saja melakukan demonstrasi teknologi Terra Lidar (Light detection and ranging) di salah satu pekerjaan PT Waskita Karya (Persero) Tbk pada bulan Oktober lalu. Demonstrasi tersebut tepatnya dilakukan pada proyek pembangunan Tol Jakarta -Cikampek II di kawasan Purwakarta, Jawa Barat. Pemetaan menggunaan Terra Lidar tersebut menghasilkan peta berupa gambaran 3 dimensi secara detail yang akan mengidentifikasi berbagai bagian penting wilayah pembangunan yang sangat dibutuhkan dalam pekerjaan konstruksi.

Terra Lidar merupakan sistem Lidar yang dikembangkan secara mandiri oleh Terra Drone Corporation telah menjadi metode yang diakui untuk menangkap detail topografi, struktur, dan skala kota yang ada. Dalam pengerjaan konstruksi, Terra Lidar akan memberikan perbandingan visual 3D yang instan dan akurat antara kemajuan yang direncanakan dan kemajuan aktual yang dikerjakan.  Konstruksi adalah salah satu industri yang mengaplikasikan teknologi tersebut karena penggunaanya yang dapat dilakukan disetiap tahapan pekerjaan. Terdapat dua alasan sederhana mengapa Terra Lidar begitu membantu pekerjaan konstruksi, yakni karena dapat menghemat waktu serta anggaran pelaksanaan konstruksi. Terra Lidar juga dapat memberikan pandangan udara dari wilayah pekerjaan dengan sangat mudah.

Terra Drone Indonesia - Waskita Karya
Persiapan penerbangan Terra Lidar

Terra Drone Indonesia telah membantu banyak pekerjaan kepada beberapa perusahaan kontraktor besar di Indonesia menggunakan Terra Lidar, mulai dari kegiatan baseline survey, perencanaan dan basic design, penyusunan Bill of Quantity, pelaksanaan pembangunan di lapangan hingga kebutuhan dokumentasi pasca kegiatan konstruksi seperti pemodelan dalam bentuk 3 dimensi. Melihat keunggulan Terra Lidar yang dapat mempermudah berbagai pekerjaan konstruksi, kini Terra Drone Indonesia menyediakan teknologi tersebut untuk dapat diimplementasikan dan dimiliki secara langsung bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia. Selain untuk pekerjaan di bidang konstruksi, Terra Lidar juga dapat dimanfaatkan di berbagai pekerjaan sektor lain seperti pertambangan, migas, perkebunan, hingga sektor utilitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *