Kami sangat senang mengumumkan bahwa Mitsubishi UFJ Research and Consulting Co., Ltd. (Tokyo, Presiden: Satoshi Murabayashi, “MURC”) dan Terra Drone (Tokyo, Presiden: Toru Tokushige, “Terra Drone”) telah menandatangani memorandum of understanding (MoU) berkolaborasi dalam rangka pemanfaatan drone di bidang kesehatan global. Kedua perusahaan akan mengembangkan dan mendemonstrasikan proyek-proyek baru dengan teknologi drone memanfaatkan pengetahuan, spesialisasi dan jaringan yang kami miliki, yang akan berkontribusi untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di bidang perawatan kesehatan.

1. Latar Belakang

Layanan drone berkembang pesat di seluruh dunia. Menurut survei oleh MarketsandMarkets[1], perncapaian diperkirakan mencapai USD4,4 miliar pada tahun 2019 dan diproyeksikan mencapai USD6,6 miliar pada tahun 2025. Hal tersebut akan terus tumbuh di masa depan di berbagai bidang, termasuk inspeksi infrastruktur, survei, logistik, pertanian dan pengendalian bencana. Di bidang perawatan kesehatan, teknologi drone juga diharapkan dapat digunakan, terutama dalam manajemen rantai dingin atau cold chain management, yang merupakan metode logistik yang menjaga dan mengangkut komoditas medis pada suhu yang disarankan, di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah. Namun, ada masalah teknis terkait pemanfaatan drone, seperti penerbangan jarak jauh dan multi-arah dan operasi rumit yang membutuhkan sumber daya manusia yang lebih banyak.

Terra Drone adalah salah satu penyedia solusi drone terbesar di dunia, mengoperasikan layanan drone industri seperti pemotretan udara, survei, inspeksi, analisis data, dan manajemen lalu lintas. Perusahaan yang sangat kuat dalam pengelolaan sistem operasi drone, memungkinkan pengangkutan barang yang aman dan terjamin serta membantu mengurangi sumber daya yang diperlukan untuk kontrol penerbangan. Teknologi ini yang selanjutnya akan mempromosikan pemanfaatan drone di bidang perawatan kesehatan.

MURC mendirikan Pusat Arsitektur Kesehatan Global untuk menangani masalah kesehatan global dengan teknologi inovatif dalam kesehatan masyarakat dan sistem kesehatan, dan sebagai salah satu inisiatifnya adalah telah menandatangani MoU dengan Terra Drone. Terra Drone dan MURC bertujuan untuk memulai proyek baru melalui pengembangan dan penyebaran teknologi drone, terutama dalam revolusi rantai dingin atau cold chain di Afrika. Kami juga akan bekerja sama untuk menyebarluaskan teknologi drone dan contoh-contoh pemanfaatannya yang bertujuan untuk mencapai pengembangan berkelanjutan kepada publik, perusahaan swasta dan akademisi.

[1] MarketsandMarkets™ Inc. (2019) “Market Report: Drone Service Market Application (Aerial Photography, Data Acquisition and Analytics), Industry (Infrastructure, Media & Entertainment, Agriculture), Type (Drone Platform Service, Drone MRO, Drone Training, Solution, and Region) – Global Forecast to 2025”

2. Garis besar kedua organisasi

■ Mitsubishi UFJ Research and Consulting, Co., Ltd.

MURC adalah sebuah think tank dan perusahaan konsultan dalam Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG). Memiliki kantor di Tokyo, Nagoya dan Osaka dan menggerakkan berbagai proyek termasuk layanan konsultasi untuk perusahaan, penelitian kebijakan untuk pemerintah nasional dan lokal, layanan informasi manajemen, pengembangan sumber daya manusia, dan penelitian ekonomi.

Sekretariat MoU ini adalah Arsitektur Kesehatan Global dalam MURC Pusat, organisasi yang berusaha untuk memecahkan berbagai masalah kesehatan global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *