Lepas landas drone

Survei pemetaan menggunakan drone telah banyak dilakukan dalam memenuhi berbagai kebutuhan pekerjaan karena sangat efektif dari segi waktu dan biaya serta hasil peta yang berakurasi tinggi. Hasil pemetaan drone sudah sangat memenuhi kebutuhan untuk kasus-kasus tertentu yang membutuhkan gambar detail dimana selanjutnya diterjemahkan menjadi informasi dan cukup efektif untuk menggantikan pemetaan darat.

Dalam menghasilkan peta dengan akurasi tinggi, ketinggian terbang drone sangat berpengaruh. Tentu saja ketinggian terbang yang dilakukan lebih rendah untuk menghasilkan peta yang lebih akurat. Dengan begitu, pekerjaan akuisisi data akan memakan waktu lebih singkat karena cakupan dalam sekali terbangpun akan lebih kecil dari biasanya. Ini yang menjadi salah satu kelebihan drone dimana dapat diterbangkan sesuai dengan kebutuhan pemetaan.

Pemetaan drone dengan hasil resolusi tinggi biasanya dibutuhkan dalam kegiatan konstruksi dan tata ruang, dimana fokus utamanya adalah perihal detail informasi. Sebagai contoh antara lain untuk keperluan detail sipil, pengukuran batas wilayah desa, pendataan bidang tanah, pendataan pemanfataan ruang dan lahan hingga deteksi perubahan lingkungan. Selain itu, dalam tata ruang dapat juga mendukung kebutuhan akan peta kadaster yang selama ini menjadi informasi krusial untuk tiap daerah.

Selama ini kemampuan drone dalam menghasilkan peta dengan resolusi tinggi sudah banyak dimanfaatkan pada berbagai pekerjaan. Berbagai kegiatan pengukuran diharuskan untuk dilakukan secara akurat dan dilaksanakan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya, untuk memenuhi kriteria pengukuran tersebut, maka pengukuran dilakukan dengan menggunakan teknologi drone atau UAV (Unmanned Aerial Vehicle) dijadikan sebagai solusi. Teknologi drone dapat digunakan untuk membuat peta-peta teknik baik dari peta Digital Surface Model (DSM), peta (Digital Terrain Model) DTM dan hasil akhir berupa kontur dengan ketelitian yang tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *