Terra Drone Indonesia - Drone Konstruksi

Terra Drone Indonesia telah melakukan banyak pekerjaan menggunakan drone di sektor konstruksi. Drone salah satunya dapat menjadi solusi dalam kegiatan feasibility study sebelum aktivitas konstruksi berjalan. Pembangunan infrastruktur memang membutuhkan peta area yang aktual, terutama di lokasi padat penduduk. Pemerintah tidak bisa hanya mengandalkan peta yang sudah tersedia sebelumnya, karena dalam 3 bulan saja sudah banyak perubahan yang terjadi, apalagi jika peta yang dimiliki merupakan arsip yang sudah cukup lama.

Salah satu yang harus diperhatikan dalam kegiatan pembangunan konstruksi adalah apakah sudah memadainya ketersediaan lahan atau bahkan sebaliknya. Indonesia yang merupakan negara kepulauan membuat pendataan tata guna lahan sulit dilakukan secara merata dengan cepat. Ketika bagian barat Indonesia mungkin sudah melakukan pendataan dengan baik, bagian timur Indonesia menghadapi kondisi belum sepenuhnya manajemen lahan dengan baik. Sehingga, akan sulit untuk membangun infrastruktur dengan kondisi tidak adanya data pendukung yang aktual dan akurat.

Terra Drone Indonesia - Drone Konstruksi
Pemetaan udara untuk feasibility study

Dengan memanfaatkan drone, bukan hanya mendapatkan peta yang aktual dalam kegiatan feasibility study, namun dalam memantau kegiatan konstruksi yang luasan areanya diatas 1,000 hektar pun dapat dengan mudah dilakukan. Memantau pembangunan infrastruktur bukan hanya tugas kontraktor, hal itu menjadi tanggung jawab pemerintah. Tentunya, pemanfaatan drone tersebut akan memudahkan tugas yang sebelumnya memakan waktu cukup lama. Dengan begitu segala kegiatan pembangunan dari Sabang sampai Merauke dapat terpenuhi sesuai dengan apa yang sudah direncanakan sebelumnya.

Dukungan kebijakan pemerintah dalam membangun infrastruktur cukup besar dan sangat berpengaruh. Dikutip dalam website Keminfo mengenai pembangunan infrastruktur strategis yang selesai di tahun 2019 ini. Kegiatan ekonomi yang berjalan cepat, menuntut adanya fasilitas infrastruktur perkotaan yang sepadan. Berbagai kegiatan pembangunan dilakukan untuk memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat. Dengan menargetkan Indonesia menjadi negara maju pada tahun 2025, maka pertumbuhan infrastruktur pun ditargetkan minimal 7% setiap tahunnya.

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *