Rangkaian solusi memanfaatkan teknologi artificial intelligence (AI) untuk mengotomatiskan deteksi kerusakan karat pada baut, bagian-bagian menara yang longgar, sarang burung, dll serta manajemen vegetasi  transmisi dan distribusi listrik.

Terra Drone Indonesia-Transmisi Listrik

Terra Drone Corporation, penyedia solusi drone industri terbesar di dunia, telah meluncurkan solusi UAV berbasis AI yang dibuat untuk pemeliharaan transmisi dan distribusi listrik. Solusi ini dikembangkan setelah digunakan untuk inspeksi lebih dari 90.000 km saluran listrik.

Data yang diperoleh secara otomatis diproses dan dianalisa oleh algoritma artificial intelligence yang terlatih untuk mendeteksi crossover di bagian bawah jalur transmisi, bangunan dan mesin konstruksi.

Sistem tersebut mengidentifikasi karat pada baut, bagian-bagian menara yang longgar dan hilang, sarang burung, gangguan vegetasi dan menghasilkan laporan yang cermat serta menyoroti area khusus yang membutuhkan tindakan. Sistem deteksi kesalahan (anomali teridentifikasi) akurat hingga 92,5%. Algoritma ini dikembangkan melalui proses mengidentifikasi anomali kedalam kumpulan data hingga 1500 gambar, memungkinkan untuk dibuatnya solusi akhir khusus yang akan dibuat untuk klien dimana semua anomali terkait dapat teridentifikasi dan terlaporkan. Pengembangan dan pelatihan algoritma hanya perlu dalam satu kali penyelesaian untuk jenis aset tertentu dan dapat diimplementasikan dengan mudah di lokasi yang berbeda pada aset yang serupa.

Laporan yang dibuat secara otomatis

Dengan algoritma presisi tinggi seperti itu, produktivitas pemrosesan AI memungkinkan hasil yang dapat ditindaklanjuti secara cepat untuk diberikan kepada klien. Klien juga memiliki kemampuan mengidentifikasi sesuai protokol keamanan baik dalam basis cloud atau ditempat lingkungan penyimpanan data. Protokol-protokol ini kemudian dapat diimplementasikan dalam solusi spesifik kebutuhan klien.

Perusahaan transmisi dan distribusi listrik harus melakukan inspeksi secara berkala terhadap infrastruktur saluran listrik untuk memastikan distribusi daya listrik yang andal, meskipun metode konvensional dengan mengerahkan staf darat atau menerbangkan helikopter dengan rendah untuk menyelesaikan inspeksi, cara tersebut biasanya berbiaya mahal. Jasa Helikopter konvensional dan menyusuri melalui darat menimbulkan kekhawatiran resiko kerja dengan dengan helikopter yang terbang rendah dan orang-orang yang bekerja di lapangan. Layanan UAV dan inspeksi AI dapat membantu meminimalkan kekhawatiran resiko kerja dengan mengurangi jumlah pekerja di lapangan dan menghilangkan misi helikopter berawak tingkat rendah.

Solusi ini telah dibangun dengan tujuan untuk menyederhanakan dan mempersingkat pekerjaan dari bawah ke atas untuk pemeliharaan fasilitas transmisi dan distribusi.

Bagian-bagian menara yang hilang dan longgar teriidentifikasi oleh sistem deteksi dengan akurasi tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *