Setelah sebelumnya membahas mengenai penggunaan drone dalam deteksi dini kebakaran hutan, terdapat pemanfaatan lain yang bisa dilakukan menggunakan drone yakni untuk pasca kebakaran hutan. Setelah kebakaran, menerbangkan drone ke wilayah terbakar adalah cara yang sangat efisien untuk melihat luasan lahan yang terbakar dan yang terselamatkan, melihat akses yang masih bisa dilalui oleh manusia hingga menemukan titik-titik panas yang memungkinkan api menyala kembali. Bahkan saat masih terjadi kebakaran, drone dapat memantau arah menjalarnya api sehingga memudahkan dalam mengevakuasi yang mungkin akan terkena dampak bahaya dan menjadi petunjuk pemadam kebakaran dapat mencari sumber air terdekat untuk segera melakukan pemadaman. Drone untuk kebakaran hutan dapat mencakup luasan hingga ratusan hektar dalam satu kali terbang walaupun dengan durasi yang singkat.

Dalam kasus kebakaran hutan, api menyebar ke berbagai arah dengan cepat. Dalam melihat dampaknya, sangat sulit bagi manusia untuk menyusuri kondisi lahan yang baru saja terbakar sehingga cara yang paling efektif ialah melihatnya dari atas permukaan. Drone mudah dibawa dan operasikan ke lokasi kebakaran walau hanya dengan oleh satu orang. Hasil pengambilan data yang berupa informasinya pun sangat jelas, beresolusi tinggi dan akurat sehingga memudahkan para pengambil keputusan. Selain itu, drone sangat hemat biaya jika dibanding menggunakan pesawat berawak dalam mengumpulkan informasi yang sama karena harganya yang jauh lebih mahal.

Terra Drone Indonesia - Drone untuk kebakaran
Pengecekan drone sebelum diterbangkan

Drone juga dapat dipasangkan berbagai sensor sehingga memudahkan untuk menangkap data yang sulit terlihat oleh manusia secara langsung. Salah satunya menggunakan drone yang menggunakan sensor thermal untuk melihat titik-titik api yang masih menyala namun sulit terlihat pada siang hari karena tertutup asap. Sebelumnya pada tahun 2015 lalu, Terra Drone Indonesia pernah melakukan pemantauan dan pemetaan saat terjadi keakaran di gunung Papandayan, Garut. Hasil data yang diambil menggunakan drone membantu orang-orang, terutama sukarelawan untuk membuat perimeter aman dan garis kontrol untuk menghentikan penyebaran. Diharapkan kedepannya, menjadi teknologi yang diterjukan untuk melihat potensi kebakaran hutan hingga pasca kebakaran hutan oleh banyak pihak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *