Terra Drone Indonesia inspeksi drone

Terra Drone Brazil, salah satu cabang dari Terra Drone Corporation yang berbasis di Jepang telah berhasil menyelesaikan pekerjaan inspeksi visual tangki Floating Production Storage and Offloading (FPSO) menggunakan drone. Ini merupakan pertama kalinya metode tersebut digunakan di Brazil. Inspeksi tangki FPSO tersebut dilakukan untuk perusahaan minyak milik negara Brazil, Petrobras. Inspeksi tangki balas menggunakan drone dilakukan di atas kapal P-66, unit Floating Production Storage and Offloading (FPSO) yang beroperasi di Pre-Salt, Santos Basin.

Petrobras memerlukan kargo dan tangki balasnya untuk diperiksa secara rutin untuk menjamin segala sesuai berfungsi semestinya. Segala jenis korosi, retak, rusak, atau anomali pengelasan harus dapat teridentifikasi dengan cepat sebelum dapat mengganggu integritas struktur kapal. Secara konvensional, inspeksi ini dilakukan dengan mengirim tim hingga empat orang di dalam ruang tangki terbatas menggunakan akses tali. Inspeksi visual close-up semacam ini, untuk satu tangki saja dapat berlangsung dari setengah hari hingga satu hari penuh, belum lagi risiko bahaya yang timbul bagi keselamatan bagi pekerja di dalam tangki.

Marcelo Belleti, Direktur Eksekutif Terra Drone Brazil, mengatakan, “Tidak hanya lebih aman, inspeksi tangki FPSO menggunakan drone juga dapat dilaksanakan jauh lebih cepat dan lebih tepat daripada inspeksi biasanya. Selain itu, inspeksi drone untuk tangki kargo dapat menghasilkan penghematan biaya.”

Terra Drone Indonesia inspeksi drone
Persiapan inspeksi

Terra Drone Brazil menyelesaikan pemeriksaan tangki pemberat untuk Petrobras dalam waktu kurang dari satu jam dengan tim yang hanya terdiri dari dua orang. Gambar dan video beresolusi tinggi yang diambil oleh drone diperlukan untuk membuat laporan inspeksi pada 40 poin yang telah ditentukan sebelumnya. Terra Drone Brazil disertifikasi oleh ABS (American Bureau of Shipping), DNV GL (Det Norske Veritas dan Germanisher Lloyds), dan Lloyd’s Register sebagai penyedia layanan yang disetujui untuk melakukan survei menggunakan Teknik Inspeksi Jarak Jauh (drone).

Saat ini Terra Drone Indonesia sedang memperkenalkan teknologi tersebut pada perusahaan-perusahaan migas di Indonesia karena dalam waktu dekat, teknologi tersebut akan tersedia di Indonesia. Terra Drone Indonesia pun memiliki para pilot drone yang berpengalaman dan mengerti dalam berbagai pekerjaan di sektor migas setelah sebelumnya kami pernah bekerja dengan para K3S Indonesia dalam waktu yang lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *