Tim Terra Drone Indonesia
Tim Terra Drone Indonesia

Terra Drone berpatisipasi dalam Indonesian Petroleum Association Convention & Exhibition (IPA Convex) yang ke-43 yang diselenggarakan selama tiga hari yaitu pada 4-6 September 2019 di Jakarta Convention Center. Pada kesempatan tersebut, Terra Drone memperkenalkan berbagai aplikasi dan teknologi drone migas terbaru kepada para pengunjung acara, yang diperkirakan berjumlah 20.000 orang.

IPA Convex yang ke-43 yang membawa tema “Driving Exploration and Optimizing Existing Production for Long Term Energy Security” ini dibuka oleh Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan. Melalui pidatonya, Jonan menekankan bahwa saat ini industri migas masih menghadapi situasi yang berat, sehingga satu-satunya cara untuk bertahan adalah engen berinovasi mengurangi biaya untuk tingkatkan produksi. Pemanfaatan teknologi baru menjadi penting dalam menghadapi situasi seperti ini.

Dari materi yang dipajang di Terra Drone, aplikasi drone migas untuk kegiatan inspeksi struktur vertikal serta inspeksi tangka menjadi hal yang banyak menarik perhatian. Selain itu, kegiatan monitoring atau patrol keamanan khususnya untuk jalur pipa dan fasilitas produksi juga menjadi ketertarikan beberapa pengunjung, terutama dari perusahaan migas yang memiliki permasalahan keamanan di wilayah produksinya. Hal lain yang ditampilkan mencakup pengukuran ketebalan dinding tangka dengan drone, pemetaan jalur pipa, dan pembuatan model digital twin dari aset-aset eksisting.

Terra Drone Indonesia sendiri selama ini telah berpengalaman dalam menyediakan jasa dan aplikasi drone dengan kepada beberapa Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) seperti Chevron, Pertamina, Ophir, dan SKK Migas. Secara global, Terra Drone di berbagai negara telah memiliki banyak pengalaman dengan perusahaan migas dunia, seperti Terra Drone Europe yang berhasil menyelesaikan survei 3D platform anjungan minyak lepas pantai di Laut Utara atas nama salah satu perusahaan minyak internasional yang paling beragam, Shell. Terra Drone Brazil yang berhasil menyelesaikan inspeksi drone Brasil pertama kalinya untuk tangki FPSO lepas pantai. Inspeksi tangki FPSO menggunakan drone migas dilakukan untuk perusahaan minyak milik negara Brasil, Petrobras..Berbagai jasa dan teknologi tersebut juga siap untuk diaplikasikan diberbagai perusahaan migas di Indonesia.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *