Drone dinilai dapat menjadi solusi bagi industri minyak dan gas. salah satunya dapat dimanfaatkan dalam berbagai aktivitas dari hulu ke hilir. Melihat karakteristik dari industri minyak dan gas yang memiliki aset berbahaya di area-area yang sulit dijangkau oleh manusia, membuat sistem yang dimiliki teknologi drone minyak dan gas dalam pemanfaatannya dapat lebih praktis dan cepat, dapat menjangkau daerah terpencil sekalipun dan yang terpenting adalah minimnya human error. Kenyataannya, masih banyak pemanfaatannya yang masih belum disadari keberadaannya di indutri tersebut.

Salah satu kegunaan drone dalam minyak dan gas adalah inspeksi aset secara visual. Pemanfaatannya yang lebih ekonomis dan dapat dibekali dengan kamera-kamera yang dapat memberikan gambaran secara realtime terhadap suatu area, membuat kegiatan inspeksi visual lebih cepat dan aman. Bahkan data dari kamera tersebut bisa langsung ditransfer ke pengguna baik melalui video maupun gambar-gambar foto.

Persiapan survey udara drone kawasan minyak dan gas

Dalam konsepnya, sebelum melakukan eksploitasi, perencanaan merupakan salah satu kegiatan penting. Dengan berbekal peta citra beresolusi tinggi, kegiatan eksplorasi migas menjadi lebih kuat, dari segi data visual yang dimiliki. Tampak atas area eksploitasi dibutuhkan, baik dalam menentukan lokasi strategi eksploitasi ataupun meminimalisir dampak lingkungan yang akan didapati kedepannya.

Selanjutnya, pengawasan dan pemeliharaan jalur pipa yang memiliki jarak beratus-ratus mil dengan melewati daerah-daerah yang terisolir membutuhkan biaya yang besar dan tenaga manusia yang banyak. Kerusakan yang tidak terdeteksi atau sabotase katup dapat menimbulkan bencana lingkungan dan kerugian dalam hal biaya. Beberapa perusahaan sudah menggunakan drone dalam patroli perbatasan atau pemantauan jalur pipa minyak dan gas.

Penggunaan drone memang dirasa lebih efektif. Dengan kemampuan terbang rendah, dapat menghasilkan resolusi yang cukup baik dalam memantau keberadaan aset industri minyak dan gas. Keamanan yang dijanjikan bukan hanya berkisar pada aset perusahaan, melainkan keamanan pekerja dan lingkungan sekitar perusahaan. Hal tersebut selalu menjadi fokus dari perusahaan migas, juga nilai lebih dari penggunaannya yang seharusnya bisa dieksplor lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *