Tim Terra Drone Indonesia bersama tim PLN
Tim Terra Drone Indonesia bersama tim PLN

Pengawasan dan pemeliharaan jalur Tower Transmisi Listrik merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk memastikan area di sekitar Jalur Tower Transmisi Listrik bebas dari objek-objek yang berpotensi menggangu sesuai aturan PERMEN ESDM No 18 Tahun 2015. Hal ini menjadi penting karna gangguan tersebut berpotensi menyebabkan pemadaman listrik hingga kerusakan peralatan Transmisi. Seperti kejadian padamnya listrik beberapa waktu lalu di Jakarta, Banten, Jawa Barat dan sebagian Jawa Tengah, disinyalir dipicu oleh pepohonan tinggi yang mengenai konduktor pengahantar saluran Transmisi SUTET (Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi). Dengan berkembangnya teknologi, muncul solusi baru yang dapat mencegah hal tersebut, salah satunya dengan penggunaan Drone/UAV untuk inspeksi jalur Tower Transmisi.

Terra Drone Indonesia belum lama ini berhasil melakukan demonstrasi kegiatan monitoring jalur transmisi listrik menggunakan drone di PLN UP3B Kalimantan Barat. Kegiatan demonstrasi langsung disaksikan oleh tim teknisi PLN. Hasil data yang dihasilkan dari demonstrasi tersebut berupa point cloud dan model 3 dimensi, yang kemudian nantinya dapat dianalisis lebih jauh untuk melihat kondisi perangkat transmisi listrik dan sekitarnya dengan sangat terperinci serta akurasi yang tinggi. Drone untuk jalur listrik yang digunakan adalah Terra Wing, sebuah drone berjenis fixed wing yang didatangkan dari Polandia.

Hasil gambar monitor tranmisi jalur listrik PLN menggunakan drone
Hasil gambar monitor tranmisi jalur listrik PLN menggunakan drone

Sebelumnya, Terra Drone Indonesia juga telah melakukan kegiatan serupa untuk PLN Unit Induk Transmisi (UIT) Jawa Bagian Timur dan Bali (JBTB). Dengan adanya kegiatan demonstrasi drone untuk jalur listrik tersebut, diharapkan kedepannya teknologi drone dapat digunakan dalam berbagai kegiatan lainnya di PLN. Demonstrasi drone untuk jalur listrik akan terus dilakukan untuk terus memperkenalkan pemanfaatannya dalam berbagai aktivitas khususnya di sektor energi dan utilitas.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *