Aero Drone School sebagai salah satu unit bisnis Terra Drone Indonesia telah memberikan pelatihan pengoperasian drone bagi para mahasiswa Teknik Dirgantara dari Institut Teknologi Bandung. Selain pelatihan pengoperasian drone, Aero Drone School juga memberikan pelatihan berupa materi untuk keperluan riset dan pengembangan drone yang akan dibuat oleh ITB. Pelatihan tersebut dilakukan dari bulan November 2018 hingga Februari 2019 lalu di kota Bandung, Jawa Barat. Pelatihan pengoperasian drone tersebut mencakup dasar-dasar pengoperasian drone, regulasi yang berlaku soal pengoperasian drone, dokumentasi & patroli udara menggunakan drone, persiapan sertifikasi operator, pemantauan dengan drone, dan lain-lain. Jenis drone yang digunakan dalam pelatihan tersebut ialah drone fixed wing, DJI Phantom, serta beberapa drone rakitan untuk keperluan riset dan pengembangan.

ITB sebagai salah satu kampus yang memiliki fokus pada pengembangan teknologi telah melakukan penelitian sesuai kebutuhan dalam keilmuan masing-masing. Salah satu contohnya adalah program studi Teknik Dirgantara yang memiliki fokus dalam pengembangan tidak terbatas pada pesawat, melainkan juga teknologi drone. ITB sebelumnya telah membuat beberapa drone, namun kali ini ITB menggandeng Aero Terrascan dalam riset dan pengembangan drone serta Aero Drone School sebagai penyedia pelatihan.

Sebagai operator drone, seseorang harus betul-betul paham akan penggunaan drone karena pengaplikasian di setiap kebutuhan pun berbeda, mulai dari jenis drone yang digunakan, izin menerbangkan drone, prosedur operasi, hingga hal lain menyangkut keselamatan dan keamanan operasi.

Terra Drone Indonesia ADS ITB Pelatihan Drone
Sesi training materi di ruangan

Di tahun 2019 ini, Aero Drone School juga telah memberikan pelatihan untuk perusahaan-perusahan besar seperti PT Amman Mineral Nusa Tenggara, PT Saptaindra Sejati (Adaro Group), dan beberapa perusahaan/instansi lainnya. Aero Drone School dapat dipercaya oleh perusahaan/instansi tersebut karena pengalaman dan jam terbang para fasilitatornya yang sangat tinggi, serta modul yang praktis untuk diikuti dan sudah mengacu kepada peraturan yang diberlakukan pemerintah.